Pencairan Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan Sekarang Gak Pake Ribet Loooh, E-Klaim Aja !!! (Part-1)

Ada yang berencana nyairin jamsostek dalam waktu dekat ini ? atau iseng-iseng ingin tahu bagaimana cara pencairan jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan ? Well sekarang pencairan jamsostek (JHT) / BPJS Ketenagakerjaan gak pake ribet looh, tetapi sebelum lanjut ke topik cara pencairan jamsostek, rara share dulu tentang Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Jaminan Hari Tua. “Bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan / Jamsostek yang sudah berhenti kerja atau ter-PHK dari perusahaan minimal satu bulan, mulai 1 September 2015 uang JHT (Jaminan Hari Tua) bisa diambil penuh alias seluruhnya” yeeeeeee..yipppy !!!! \(^.^)/

Sedangkan bagi peserta-peserta BPJS TK yang masih aktif bekerja, Prosedur pencairan uang JHT yang dibatasi hanya 10% untuk persiapan pensiun, 30% untuk biaya perumahan, dan 100% ketika sudah berumur 56 tahun. Kali ini rara akan berbagi info sekaligus pengalaman pribadi terkait cara pencairan jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan via E-Klaim bagi peserta BPJS TK yang sudah berhenti kerja dari perusahaan minimal 1 bulan.

1. Langkah pertama cara pencairan Jamsostek / BPJS TK yaitu kamu harus terdaftar di layanan e-service BPJS Ketenagakerjaan, untuk register bisa langsung klik disini. 

2. Login e-service disini dengan memasukkan email dan PIN/Password kamu.

3. Pilih E-Klaim JHT untuk proses pencairan JHT. Sebelum ke tahap ini, kamu pastikan profile kamu sudah lengkap di isi yah. (termasuk identitas , no KPJ serta data lain yang diperlukan), klik disini untuk ke situs e-klaim. 

Selain itu siapkan dokumen berikut ini :
a) KTP/SIM/Paspor (Identitas diri)
b) Kartu BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek
c) Kartu Keluarga
d) Buku Tabungan (Bagian Depan tertera No. Rekening)
e) Surat Keterangan Pengalaman Kerja (Packlaring) tertera Nama Tenaga Kerja, Jabatan Terakhir dan Lama Kerja yang telah dilegalisir oleh Disnaker sesuai Perusahaan Terdaftar, sedangkan saya berhubung perusahaan lama di daerah Jakarta Selatan jadi Packlaring dilegalisir di Disnaker Jaksel yaitu satu area dengan Kantor Walikota Jakarta Selatan Gedung B Lt. 10, proses gak lama kog. Hanya 10-15 Menit ;)

Persyaratan legalisir : 
Bawa packlaring asli dan fotokopi 1 lembar beserta identitas diri plus kartu jamsostek dan fotokopi masing-masing 1 lembar, kemudian dikumpulkan ke petugas di balik meja resepsionis, menunggu nama kamu dipanggil. Done. ^.^

Kelima dokumen diatas di scan dan pastikan berukuran di atas 100Kb yaah dan total dokumen dibawah 1,2 Mb ^.^ . Selanjutnya dokumen tersebut akan di upload di E-Klaim JHT.

4. Jika persiapan dokumen selesai, masuk ke situs E-Klaim JHT (klik disini) dan isi kolom yang tersedia kemudian klik "Proses".

bpjs ketenagakerjaan

5. Masukkan data sesuai kolom yang tersedia, untuk PIN kamu akan mendapatkan PIN via SMS dan Email dari BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan Cabang, kamu bisa pilih cabang mana saja seluruh Indonesia sesuai selera ehh maksudnya sesuai pilihan kamu ^.^. Setelah dirasa lengkap klik "Simpan" tunggu hingga halaman e-klaim loading dan ada notifikasi "Data berhasil disimpan."
bpjs ketenagakerjaan
E-Klaim 1
E-Klaim Lanjutan 2
bpjs ketenagakerjaan
Notifikasi : Data Berhasil disimpan
6. Silakan Cek Inbox email kamu (tunggu sekitar 5-10 menit), kamu akan dapat notifikasi bahwa data pengajuan pencairan dana JHT / BPJS Ketenagakerjaan berhasil direkam.
7. Tunggu email konfirmasi disetujui/ditolak/belum memenuhi persyaratan dari BPJS ketenagakerjaan 1x24 Jam  atau sebelum jam 19.00 hari berikutnya (pada hari kerja). 

Catatan :
Jika kamu mendapat konfirmasi disetujui : kamu harus bawa dokumen asli dan fotokopi dari 5 dokumen persyaratan pencairan ke cabang yang kamu pilih sebelum 7 hari kerja dari email konfirmasi.
Jika kamu mendapat konfirmasi ditolak : kamu harus mengajukan pencairan via manual T_T, jadi pastikan kamu melakukan tahap 1-5 diatas dengan benar. 
Jika kamu mendapat konfirmasi belum memenuhi : kamu harus lakukan e-klaim ulang dan upload dokumen lagi.
bpjs ketenagakerjaan
Konfirmasi Pengajuan Pencairan Jamsostek Disetujui
8. Siapkan semua dokumen sebelum hari H verifikasi dokumen (di Cabang Jamsostek pilihan kamu). Jangan lupa juga konfirmasi email dari BPJS ketenagakerjaan di print beserta form F-5 yang terlampir. 

Itulah proses pencairan dana Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan via E-Klaim, simple khaan ? :D , next untuk proses verifikasi dokumen di cabang saya akan buat di Part-2 yaah, setelah pencairan dana saya terima. 

Baca Juga : Pencairan Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan Sekarang Gak Pake Ribet Loooh, E-Klaim Aja !!! (Part-2).

138 comments:
Write komentar
  1. Apakah e-klaim berlaku untuk pencairan jht %?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ke disnaker apakah yg bersangkutan sendiri yg kesana atau dari pihak perusahaanya ??

      Delete
    2. sendiri mb winda. Pihak perusahaan hanya menerbitkan surat packlaring saja.

      Delete
  2. Kalau sudah disetujui oleh bpjs brpa lama cairnya bpjs?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 7 Hari kerja setelah proses verifikasi dokumen di cabang bpjs nya sis :)

      Delete
    2. Tolong di bantu.. kemren saya daftar.tp tidak mendptkn kode konfirmasi lewt sms.kenpa yah..

      Delete
    3. Tolong di bantu.. kemren saya daftar.tp tidak mendptkn kode konfirmasi lewt sms.kenpa yah..

      Delete
    4. Tolong di bantu.. kemren saya daftar.tp tidak mendptkn kode konfirmasi lewt sms.kenpa yah..

      Delete
    5. Jika ada kesulitan terkait menerima kode, coba mb daftar nya pas di luar jam sibuk, misal diatas jam 7 malam (saya begitu soalnya :-d ) .
      Kode verifikasi dikirimkan via sms dan email, jadi sebagai alternatif saat pendaftaran mb bisa cek kode di inbox email mb.

      Semoga bermanfaat :)

      Delete
  3. ka misal, aku sebelumnya kerja di perusahaan A punya jamsostek, setelah itu aku keluar, dan masuk ke perusahaan B bikin jamsostek baru, apakah jamsostek yg dr perusahaan A bisa di claim?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mas, asal di perusahaan A mas juga ada packlaring dan diproses legalisir juga, jadi saat pengajuan E-klaim, mas masukkan saja 2 no JHT yang telah dimiliki. Semoga membantu :)

      Delete
  4. Kalau sudah pernah bekerja di lebih dari satu perusahaan, packlaring yg di-scan cukup dari perusahaan terakhir saja ya? Thanks

    ReplyDelete
  5. Klo pencairan pake e-klaim sekaligus 4 kartu bisa gak yaa mba

    ReplyDelete
  6. Klo pencairan pake e-klaim sekaligus 4 kartu bisa gak yaa mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika lebih dari 2 kartu JHT, saya kurang tahu bagaimana prosedurnya mas, mungkin lebih lengkap bisa ditanyakan ke bagian call center JHT di 1500910 atau di cabang BPJS TK setempat :)

      Delete
  7. mba, alamat disnaker yg mba sebut alamat lengkapnya dimana ya, sama mau legalisir. masih disitu apa udh pi dah kantor.. ? fast respon please :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kantor Walikota Jakarta Selatan
      No. 9 Jalan Prapanca Raya
      Kelurahan Pulo, Kebayoran Baru
      Jakarta Selatan 12160, di gedung B mas. :)

      Delete
  8. Mba, saya sudah klaim, tapi sudah lebih dari 7 hari (kelewat sebulan) sekarang mau klaim lagi gabisa karena sudah pernah klaim. gimana ya? cara cancelnya gmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru mengajukan tetapi belum dapat email konfirmasi? Jika klaim masih on process, setau saya tidak bisa dicancel mb, tapi untuk info lebih lanjut mb bisa tanyakan ke customer service JHT atau cabang terdekat. :)

      Delete
    2. Mbaa jika persyaratan yg 5 lengkap apa harus pake stempel disnaker..saya kerja d.putus kontrak bukan mengundurkan diri..?

      Delete
  9. Jika ada 4 kartu JHT apa selain ke 4 nya harus ada packelaring juga ke 4 krtu tsb jg harus ada legalisir disnaker nya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas hendar,semua harus ada packlaring dan dilegalisir oleh Disnaker :)

      Delete
    2. Susah ni selalu di alihkan ke aplikasi... ada caravlain gak buak eklaim

      Delete
    3. Banyak mas, bisa dengan cara pencairan manual ke kantor BPJS setempat. semoga membantu :)

      Delete
  10. kok saya pas ngisi eklaim pas di submit form kok transaksi gagal trus Klaim ini harus dilakukan oleh Tenaga Kerja NA

    ReplyDelete
  11. kok saya pas isi formulir eklaim pas udh di submit form malah transaksi gagal trus ada bacaan Klaim ini harus dilakukan oleh Tenaga Kerja NA..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untukada keterangan NA pertanda mas masih terdaftar aktif di perusahaan lama, mas bisa minta konfirmasi ke kantor lama (HR nya) untuk pelaporan keanggotan BPJS supaya di non aktifkan. Semoga Membantu :)

      Delete
  12. Mau tanya, mbak. Kalo per yg resign per september 2015 kan harus surat dari disnaker.terus itu kita harus buat dua berarti, yg satu utk disnaker sendiri, satunya sbgi syarat pengambilan bpjsnya.. (Seklian yg fotocopy legalisir disnaker jg),, atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas tinggal minta packlaring asli dari perusahaan tempat mas bekerja sebelumnya (dalam packlaring tertera nama lengkap, jabatan, dan lama kerja). Packlaring asli tsb yang nantinya akan dibawa ke Disnaker untuk dilegalisir. Semoga membantu :)

      Delete
    2. Ko belum ada balasan sudah 4 hari sy daftar lewat online b ada balasan katanya 1x24 jam tplong d bantu

      Delete
  13. Masuk ke wabnya susah... di alihkan ke aplikasi terus... ada cara laen gal buat eklaim...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dengan pencairan secara manual ke kantor BPJS setempat. Semoga membantu :)

      Delete
  14. AnonymousJuly 31, 2016

    INFO saya mau nanya tentang claim.saya baru saja mengundurkan diri dari perusahan paklaring saya ada.tetapi kartu bpjs saya baik kesehatan dan ketenaga kerjaan ada.memeng dri perusahaan tidak memeberikan cuma sekedar nomor peserta saja.bagai mana cara mengklaimnya tanpa kartu TETAPI paklaring saya da beserta id untuk online yg sesuai dengan data?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear anonymous, untuk pencairan BPJS ketenagakerjaan wajib menggunakan kartu BPJS nya meskipun sudah ada paclaring nya. Mas bisa minta ke perusahaan mas sebelumnya untuk memberikan kartu BPJS yang di cetak. Semoga membantu :)

      Delete
  15. min , saya koq tidak dapet kode konfirmasi lewat sms maupun email ?
    padahal saya daftarnya malam karena lebih cepat dibandingkan siang

    ReplyDelete
  16. Memang terkadang seperti itu mas/mb, coba ditunggu hingga 15 menit an sebelum browser ditutup, kemudian cek email berkala, jika masih belum mendapatkan kode, mas coba lagi. Semangaaat :)

    ReplyDelete
  17. numpang tnya.. kmrn aku claim jamsostek dri perusahaan lama ku kok gak bs ya. ktanya saya masih aktif anggota jamsostek di perusahaan yg baru. padahal kan beda kartu jamsostek.. apa bisa untuk di claim yg lama..

    ReplyDelete
  18. numpang tnya.. kmrn aku claim jamsostek dri perusahaan lama ku kok gak bs ya. ktanya saya masih aktif anggota jamsostek di perusahaan yg baru. padahal kan beda kartu jamsostek.. apa bisa untuk di claim yg lama..

    ReplyDelete
  19. numpang tnya.. kmrn aku claim jamsostek dri perusahaan lama ku kok gak bs ya. ktanya saya masih aktif anggota jamsostek di perusahaan yg baru. padahal kan beda kartu jamsostek.. apa bisa untuk di claim yg lama..

    ReplyDelete
  20. numpang tnya.. kmrn aku claim jamsostek dri perusahaan lama ku kok gak bs ya. ktanya saya masih aktif anggota jamsostek di perusahaan yg baru. padahal kan beda kartu jamsostek.. apa bisa untuk di claim yg lama..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa mas, klaim jamsostek bisa dicairkan jika mas nya sudah berhenti bekerja dan tidak sedang bekerja di perusahaan manapun minimal 1 bulan karena data BPJS menggunakan KTP jadi jika masih bekerja tidak bisa dicairkan, meskipun kartu BPJS nya berbeda. Semoga membantu :)

      Delete
  21. Jadi kalo mencairkan jht harus nganggur dan tdk bekerja di perusahan lain? Rencanaya sy mau mencairkan jht sy diperusahaan lama. Tp sy sekarang sedang bekerja di perusahaan baru.jadi saya ga bisa mencairkan jht saya diperusahaan yang lama donk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Unknown :) bisa dicairkan tapi tidak 100% dan dengan syarat&ketentuan berlaku tentunya :)

      Delete
  22. admin saya belum mendapatkan email balasan atau pun email konfirmasi,saya sudah coba mengulang di malam hari untuk upload data nya tapi tetap tidak bisa ..mohon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan ukuran file sesuai dengan ketentuan ya Unknown, dan pastikan tahap upload berhasil dan ada notifikasi dari website nya. Jika berhasil tunggu hingga 5-15 menit dan web jangan ditutup terlebih dahulu. Semoga membantu :)

      Delete
  23. Hai mba,boleh tanya? Kemarin sy ajukan eclaim.. tapi saya hanya menyantumkan legalisir dari disnakernya sj,pakleringnya ga ke scan. Sdh ada blsan email yg mnyatakan bahwa pengajuan sy sdang d rekam. Tapi sdh 2hari blm ada email konfrmasi lanjutan,baiknya gimana ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga unknown, untuk balasan status hasil rekam data tergantung dari cabang BPJS tempat pencairan BPJS, beri waktu maksimal 3 hari kerja jika masih belum mendapat email notifikasi status rekam, bisa langsung telp. ke cabang BPJS terkait (kantor BPJS tempat mb ingin melakukan pencairan BPJS). Semoga membantu :)

      Delete
  24. Hai mba,boleh tanya? Kemarin sy ajukan eclaim.. tapi saya hanya menyantumkan legalisir dari disnakernya sj,pakleringnya ga ke scan. Sdh ada blsan email yg mnyatakan bahwa pengajuan sy sdang d rekam. Tapi sdh 2hari blm ada email konfrmasi lanjutan,baiknya gimana ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga Mb Nury, sudah terjawab di komen sebelumnya ya.. :)

      Delete
  25. Mbak, saya mau tanya. Katanya kan harus ke disnaker terlebih dulu untuk pencairan. Paklaring dan surat untuk disnaker sudah disiapkan oleh perusahaan yg lama. Surat disnaker tsb, utk apa ya?
    Lalu jika skrg saya bekerja tp di perusahaan saya tidak ada bpjs, apa bisa tetap dicairkan?
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  26. Halo mbak, saya sudah d kasih surat disnaker dr perusahaan yg lama, tujuan surat disnaker itu utk apa ya?
    Lalu jika semisal saya skrg sudah bekerja d prusahaan yg baru tetapi d perusahaan yg br tidak ada bpjs, apa tetap bisa di cairkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru sempat balas komen, surat disnaker seperti apa ya yg dimaksud mb Ratna? Bisa dengan catatan mb melakukan pencairan dengan JHT tetapi dengan status tidak bekerja lagi minimal satu bulan mb. Semoga membantu :)

      Delete
  27. mau tanya gan,, kalau ada balasan email kaya gini gimana??belum memenuhu syarat tapi suruh datang bawa surat" plus materai juga....

    Yth. Bpk/Ibu/Sdr/i AGUS ALIM,


    Dengan Hormat,

    Bersama ini kami sampaikan bahwa pengajuan klaim jaminan melalui website (E-Klaim) dengan rincian sebagai berikut:

    KPJ : 15051313631
    Nama Tenaga Kerja : AGUS ALIM
    Tgl Lahir : 02-03-1989
    Tgl Kematian :
    Nama Pemohon : AGUS ALIM
    Hubungan Pemohon : TENAGA KERJA


    Belum memenuhi persyaratan, karena Pastikan sedang tidak bekerja dimanapun,dapat datang ke BPJS Ketenagakerjaan Cirebon,RABU 31 Agustus 2016 dengan membawa printout jawaban email ini,smua berkas asli dan fotocopy serta materai 6.000.Bila nonaktif mulai 1 September 2015 lampirkan tembusan laporan dari perusahaan pada Disnaker.Trima

    Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang CIREBON di nomor 0231-485660.


    Surat elektronik ini dikirimkan secara otomatis dan tidak untuk dibalas.


    Salam hormat,

    BPJS Ketenagakerjaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin itu kebijakan dari Kantor Cabangnya ya Mas? saran saya mas nya telepon dulu ke Kantor Cabang BPJS pencairan JHT yang telah di pilih untuk mengetahui, dokumen apa saja yang belum memenuhi persyaratan, agar mas nya tidak bolak balik ke Kantor BPJS nya. Maaf baru sempat balas komen ya... :(

      Delete
  28. Mba mau nanya , Apa bisa Jika mau klaim JHT 100% & Mengundurkan diri dari perusahaan dengan masa kepersertaan BPJSTK 5 tahun ?

    ReplyDelete
  29. Mba Saya mau nanya , Jika klaim JHT 100% dengan masa kepesertaan BPJSTK 5 tahun & sudah tidak bekerja , Apa bisa ? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, terpenting sudah tidak bekerja minimal 1 bulan dan memenuhi semua persyaratan pencairan JHT tersebut. Semoga bermanfaat :)

      Delete
  30. Asalamualaikum mba..mau tanya lw sy sudah melakukan registrasi tp ada ktrangn blm satu bulan kluar krja ...terus sy harus gmn ia...mksih

    ReplyDelete
  31. Asalamualaikum..mba sy mau tanya lw sudah registrai terus mengajukn terus ad pemberitahuan belum keuar 1 bulan terus sy harus gmn mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam Wr. Wb. , untuk mengajukan pencairan JHT 100% harus tidak bekerja minimal 1 bulan mb, jadi mb harus menunggu 1 bulan setelah mb resign dari tempat mb bekerja. Semoga bermanfaat :)

      Delete
  32. saya ada 2 kartu bpjs, yang pertama udah gak berkeja diperusahaan sebelumnya, kartu yang kedua masih aktif/masih bekerja. apakah kartu yang pertama bisa dicairkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa mas, pencairan JHT hanya bisa dilakukan jika mas sudah tidak aktif bekerja minimal 1 bulan. Semoga membantu :)

      Delete
  33. Mba,
    Saya punya 3 jamsostek dri perusahaan yang berbeda ketiga nya. Yang 2 sudah non aktif, dan yang 1 masih aktif di karena kan saya masih bekerja. Nah, apa kah bisa saya cairkan salah satu dana jamsostek saya yang sudah non aktif ?

    ReplyDelete
  34. Mba,
    Saya punya 3 jamsostek dri perusahaan yang berbeda ketiga nya. Yang 2 sudah non aktif, dan yang 1 masih aktif di karena kan saya masih bekerja. Nah, apa kah bisa saya cairkan salah satu dana jamsostek saya yang sudah non aktif ?

    ReplyDelete
  35. Mba,
    Saya punya KPJ 3, yang 2 non aktif dan yang 1 masih aktif.
    Nah, apa bisa saya cairkan salah satu kartu yang non aktif ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa mas, pencairan JHT 100% dapat dicairkan dengan persyaratan sudah tidak aktif bekerja minimal 1 bulan.

      Delete
  36. mbak mau nnya donk, dr waktu mbak daftar eklaim online, trus terima email 1, yg dibilang tunggu paling lambat pukul 19.00 hari berikutnya, apakah email panggilannya tepat waktu pada esok harinya sblm pukul 19.00???

    ReplyDelete
    Replies
    1. meleset dikit mas/mb, sehari lebih berapa 1 jam an.

      Delete
  37. Mba mau tanya dong,sy pnya 2 kartu bpjs,sy sdh berhenti bekerja diperusahaan yg lm thn 2010 dan diperusahaan yg baru sy berhenti bln april 2016.apakah paklaring kerja sy yg lama harus di legalisir jg mba? Trims

    ReplyDelete
  38. Mba sy mau tanya... Sy pnya 2 kartu bpjs dan semua sdh nonaktif, sy ingin mencairkan semuanya apa bisa? Di perusahaan yg lm sy berhenti thn 2010 dan yg baru 2016,apakah paklaring kerja sy yg diperusahaan yg lm harus di legalisir jg mba? Trims

    ReplyDelete
  39. Mba mau tanya dong,sy pnya 2 kartu bpjs,sy sdh berhenti bekerja diperusahaan yg lm thn 2010 dan diperusahaan yg baru sy berhenti bln april 2016.apakah paklaring kerja sy yg lama harus di legalisir jg mba? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika dari kutipan peraturan terbaru pencairan JHT, status berhenti bekerja sebelum 1 september 2015, packlaring tidak memerlukan legalisir. Tetapi mas nya bisa tanya ke cabang pencairan JHT terkait untuk lebih jelasnya. Semoga membantu :)

      Delete
  40. Apa itu sudah termasuk bisa dicairkan sis, padahal lampiran sudah lengkap semua..
    Mohon Pencerahannya sis..

    Yth. Bpk/Ibu/Sdr/i REZA ALSEFI,

    Dengan Hormat,

    Bersama ini kami sampaikan bahwa pengajuan klaim jaminan melalui website (E-Klaim) dengan rincian sebagai berikut:

    KPJ : 1401290XXXX
    Nama Tenaga Kerja : REZA ALSEFI
    Tgl Lahir : 19-03-19XX
    Tgl Kematian : -
    Nama Pemohon : REZA ALSEFI
    Hubungan Pemohon : TENAGA KERJA

    Belum memenuhi persyaratan, karena Silahkan datang ke BPJS Ketenagakerjaan Cirebon, KAMIS 22 Sept 2016 dg membawa printout jawaban email ini, smua berkas asli dan fotocopy serta materai 6.000. Bila nonaktif mulai 1 Sept 2015 lampirkan tembusan surat dari perusahaan ke Disnaker. Pastikan sudah tdk bekerja diprshn manapun. Trimakasih

    Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang CIREBON di nomor 0231-485660.

    Surat elektronik ini dikirimkan secara otomatis dan tidak untuk dibalas.

    Salam hormat,

    BPJS Ketenagakerjaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru sempat balas komen yaa.. ;(
      Jika sudah dikirimkan email konfirmasi untuk datang ke Cabang pencairan JHT lebih baik mas nya datang namun sebelum itu, mas harus minta konfirmasi ke Cabang, dokumen apa yang kurang dan perlu dibawa saat proses verifikasinya. Semoga membantu :D

      Delete
  41. Mba saya mo nanya nih, saya sudah coba daftar sesai penjelasan di atas dan sudah dapat email yang menyatakan rekam klaim sudah sukses dan diminta menungggu 2x24 jam hari kerja, tapi sudah 4 hari kerja belum dapat email pemberitanhuan di setujui atau tidaknya, solusinya gimana nya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mb coba telepon ke no Cabang Pencairan JHT yang telah mb pilih dan menanyakan proses rekam dokumen mb dengan memberitahukan no KPJ yang akan dicairkan.
      Karena terkadang ada cabang cabang tertentu yang memang over loaded alias banyak yang submit untuk pencairan JHT sehingga hasil rekam pun terlambat.
      Semoga membantu :)

      Delete
  42. permisi sy rina rahardjanti, mau tanya sedikit, sy sdh coba datang kekantor cabang bpjs, smua persyaratan dan data sudah acc...yang saya ingin tanyakan biasanya brp hari dan brp lama proses waktu transfer bpjs ke no rek saya, karna sy tdk dpt ambil cass, dan bpjs cabang menganjurkan uangnya untuk ditransfer. karna nominalnya diatas 5jt. mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rina, pencairan bisa ditunggu dari 5-14 hari kerja ya..(Sabtu,minggu dan hari libur tidak dihitung).
      Semoga pencairannya segera masuk rekening mb Rina :)

      Delete
  43. mba sy sdh 4 hari blm terima uang dr bpjs, pdhal smua permohonan dan persyaratan sdh lengkap...minta pencerahanya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu hingga 5-14 hari kerja ya mb/mas (sabtu, minggu dan tanggal merah tidak dihitung), jika sudah lebih dari 14 hari dan masih belum cair mb/mas bisa hubungi Customer Service BPJS TK yang telah ditunjuk.

      Semoga lekas diterima ya pencairannya :)

      Delete
  44. mba untuk pencairan dana JHT apa harus minimal 5thn terdaftar ? jika kurang dari itu bagaimana ? terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk peraturan pencairan dana JHT terbaru per 1 september 2015, kita tak perlu menunggu 5 tahun terdaftar sudah bisa dicairkan mb Lindar, semoga membantu :)

      Delete
  45. permisi sy intan, gini mba sarah sy udh dpt blesan email "belum memenuhi persyaratan karna kartu yg saya apload salah, harusnya kartu jamsostek, sy aplotnya bpjs ketenenagakerjaan, soalnya dikolomnya kan gitu, makanya sy bingung, nah kata mba sarah bisa diaplot lagi kan, sy brusan aplod lagi tapi ditolak.telpon ke cs nya juga semua line telp sbuk terus, gmn ya mba? tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru sempat balas komen :(
      Coba ukuran file hasil scan nya diperkecil lagi mb Intan, dan dipastikan ukuran file (dalam MB atau KB) tidak melebihi kapasitas yang telah ditentukan didalam web nya yaah..semoga membantu :)

      Delete
  46. Udah di coba tp yg keluar iklan mulu

    ReplyDelete
  47. :) Ka aku mau nanya,3hari yg lalu aku eklaim data juga berhasil di simpan tapi sampe skrag gda email klo data itu berhasil di rekam atau ga.trs aku cba lagi mau eklaim lwat hp ko bsa lgi ya wlpun baru buka aja blum proses simpan data lagi.

    ReplyDelete
  48. Ka aku mau nanya,3hari yg lalu aku eklaim data juga berhasil di simpan tapi sampe skrag gda email klo data itu berhasil di rekam atau ga.trs aku cba lagi mau eklaim lwat hp ko bsa lgi ya wlpun baru buka aja blum proses simpan data lagi.

    ReplyDelete
  49. Ka aku mau nanya,3hari yg lalu aku eklaim data juga berhasil di simpan tapi sampe skrag gda email klo data itu berhasil di rekam atau ga itu aku hrs nggu lg apa cb lg ya ka?.trs aku cba lagi mau eklaim lwat hp ko bsa lgi ya wlpun baru buka aja blum proses simpan data lagi.

    ReplyDelete
  50. :) Ka aku mau nanya,3hari yg lalu aku eklaim data juga berhasil di simpan tapi sampe skrag gda email klo data itu berhasil di rekam atau ga.klo ky gt aku nggu lg ap cb lg y ka?trs aku cba lagi mau eklaim lwat hp ko bsa lgi ya wlpun baru buka aja blum proses simpan data lagi.

    ReplyDelete
  51. Enter your comment...Ka aku mau nanya,3hari yg lalu aku eklaim data juga berhasil di simpan tapi sampe skrag gda email klo data itu berhasil di rekam atau ga.trs aku cba lagi mau eklaim lwat hp ko bsa lgi ya wlpun baru buka aja blum proses simpan data lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dini, pastikan setelah selesai upload data dan ada notifikasi berhasil direkam (di dalam website nya) tunggu hingga 15-30 menit kemudian cek email, jika belum menerima email tsb kemungkinan hasil uploadnya belum masuk ke pihak BPJS. Semoga membantu :)

      Delete
  52. Mba,saya mau tanya. Kalau resign di tahun 2014 apakah paklaring dilegalisir depnaker juga?

    ReplyDelete
  53. saya pernah ngajuin eklaim cuma waktu tu di tolak karena datanya sudah masuk bekerja d perusahaan yg baru. tpi saat ini saya sudah keluar lg kerja kurang lebih 1,5 bulan.. saya mau mencairkan bpjs saya.. saya melakukan registrasi ulang tetapi ternyata data sudah ada.. tpi kenapa pd saat submit form tu yg keluar error terus yaa.. mohon penjelsannya..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Meedha, sebelumnya cek terlebih dahulu apakah keterangan tenaga kerja sudah NA (Non Aktif) atau masih aktif. Jika belum NA tidak bisa melakukan pencairan dana JHT. Semoga membantu :)

      Delete
    2. Ka formulir yg harus di print yg bgaimana? Sya sudah mndptkan blasan email sruh nngu 2x24 jam untuk notifikasi selanjutnya.. Trims

      Delete
  54. mba saya mau tanya, saya cuma punya rekening Xpresi BCA yang tidak menggunakan buku tabungan tetapi nomor rekening ada di belakang kartu atm, apakah bisa jika mengupload scan kartu atm ? atau harus menggunakan buku tabungan ?
    dan apakah bisa jika menggunakan rekening keluarga atau teman ?

    ReplyDelete
  55. Mohon bantuanya mba
    Saya kan dulu pernah cek saldo jamsostek scara online pas waktu ngecek saya lupa pke acount istri saya tp data ny pake pny saya dan bisa cek saldo pas skarang saya mau pencairan dana jht lewat e klaim trnyata acount ny jd satu sama pny iistri saya jd mu daftar atas nama saya g bisa gmn cara merubahny y mba spaya saya bs daftar e klaim atas nama saya ... makasih

    ReplyDelete
  56. Mba saya mu nanya saya kan mu mncairkan dana jht lewat e klaim tp pas mau daftar nama acount yg kluar nama istri saya trus saya coba daftar ga bs karena nma nya beda pas saya cek lagi ternyata dta jht saya masuk ke acount istri saya gmn cara merubahny y mba spaya saya bs daftar e klaim

    ReplyDelete
  57. Hallo mbak. Saya mau tanya.
    1. Kalo kartu jamsostek/bpjs ini digunakan di perusahaan sebelumnya lalu diteruskan di perusahaan yg sekarang, packlaring yang diperlukan hanya dari perusahaan terakhir saja kan ?
    2. Untuk ke Disnaker harus menunggu 1 bulan setelah tanggal phk ya ?
    Terimakasih sebelumnya:)

    ReplyDelete
  58. Hallo mbak. ada yg mau ditanyakan.
    1. Kalo kartu jamsostek/bpjs digunakan dari perusahaan sebelumnya kemudian diteruskan di perusahaan yang sekarang, packlaring yg diperlukan hanya dari perusahaan terakhir saja kah ?
    2. Untuk ke disnaker harus menunggu 1 bulan setelah phk ya ?
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  59. selamat siang mba Sarah informasinya sangat membantu sekali x-)
    untuk persyaratan eklaim yang terakhirkan upload paklaring ya mba, kalo kondisinya belum di legalisir disnaker gimana mba???
    trimakasi sebelumnya :d :d :d :d :d :d

    ReplyDelete
  60. Hai Mba.. mau tanya kalau untuk tenaga asing yang tidak kembali ke Indonesia lagi harus tetap menunggu 1 bulan dari tanggal berhenti > apakah tenaga kerja asing bisa lewat e-klaim atau harus datang langsung ? terima kasih mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga mb tutiek,untuk tenaga kerja asing saya kurang tau mb :( info lebih jelasnya mb bisa hubungi kantor cabang pencairan Jamsostek atau call centernya. :)

      Delete
    2. Mba klo d.putus kontrak kerja ..apa harus pake stemple disnaker ..dengan persyaratan yg 5 udh komplit

      Delete
  61. Mhn bantuanya ,bapa qu uda pensiun 1 bulan lalu . Mau cairkan jamsostek ,yg sudag pengsiun apa musti pake paklaring juga

    ReplyDelete
  62. Kalo yg sudah pensiun mau cairkan jamsostek apa tetap perlu pake paklaring

    ReplyDelete
  63. Assalamu'alaikum wr.wb.
    Mba Sarah, maaf sy mau nanya.. sy punya kartu bpjstk 2 dan sy sdh berhenti bekerja selama 2 bln sampai saat ini blm bekerja lagi, di bpjstk mobil status kartu bpjstk sy sdh non aktif dua2 nya, tetapi pada saat sy mengajukan klaim via E-klaim sy mendapat jawaban bhw statusnya msh aktif. syarat2 pengajuan klaim jg sdh lengkap termasuk legalisir dari disnaker. Mohon pencerahan ya mba... Trimksh.

    ReplyDelete
  64. Assalamu'alaikum wr.wb.
    Mba Sarah, maaf sy mau nanya.. sy punya kartu bpjstk 2 dan sy sdh berhenti bekerja selama 2 bln sampai saat ini blm bekerja lagi, di bpjstk mobil status kartu bpjstk sy sdh non aktif dua2 nya, tetapi pada saat sy mengajukan klaim via E-klaim sy mendapat jawaban bhw statusnya msh aktif. syarat2 pengajuan klaim jg sdh lengkap termasuk legalisir dari disnaker. Mohon pencerahan ya mba... Trimksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam Wr.Wb,
      Hai mas Asdi, coba mas hubungi call center bpjstk atau customer service di cabang bpjstk setempat untuk konsultasikan problem mas tsb sebelum melakukan proses pencairan dana JHT, karena bisa kemungkinan karena status mas belum diupdate di website atau karna hal lainnya. Semoga membantu :)

      Delete
  65. Assalamualaikum..... nyairin manual masih bisa mb????

    ReplyDelete
  66. Saya sudah berheti bekerja sudah berjalan 12 hari(1desember2016)yg jadi pertanyaan saya. Apa bisa langsung mencairkan jht bpjs saya tanpa menunggu 1 bulan. Terima kasih

    ReplyDelete
  67. Malam
    Saya juga mau nyairin jht tapi e ktp nya masih selembar kertas belum jadi kartunya masih bisa nggak y

    ReplyDelete
  68. ijin tanya mbak..kl tanpa legalisir disnaker ga bisa ya?
    kl misal dulu kerja di perusahaan di bandung hrs disnaker bandung jg buat legalisirnya?skrang udh pindah smarang soalnya

    ReplyDelete
  69. mba mau tanya saya punya 2 kartu bpjs tapi yg 1 masih aktif dan kartu 1 lagi tdk aktif slama 6th apa bisa saya ambil 10% walaupun blum masa persyrtan 10th.

    ReplyDelete
  70. Pas saya online di file ke 5 itu harus surat keterangan dari pt ke alamat disnaker yang dituju.. tpi sya uploed nya paklaring apa itu bermasalah

    ReplyDelete
  71. gan minta info untuk pencairan dana bpjs kematian berapa lama prosesnya

    ReplyDelete
  72. mba mau tanya, kartu bpjs sy ada tertera jaminan pensiunnya, padahal itu include program JHT jg, tp sudsh berkali2 upload ke klaim elektroniknya, ditolak terus. apa kartu JHT beda lg ya?

    ReplyDelete
  73. Mba mau nanya kalau kita kerja lebih dari 1 perusahaan tapi cuma satu kartu jamsostek, apakah semua surat pengalaman kerja di lampirkan/yang terakhir aja. Thanks mba

    ReplyDelete
  74. Mba mau tanya kalau kita bekerja lebih dari 1 perusahaan tapi dengan satu kartu jamsostek,apakah semua surat pengalaman kerja harus dilampirkan di saat oencairan jamsostek/ yang terakhirbekrja saja. Thanks mba

    ReplyDelete
  75. mba saya mau tanya nama saya di kartu bpjs tdk sama dengan nama asli ktp tp no dan kartu bpjs sama dengan kartu jamsostek itu gimana ya takutnya memepengaruhi jika sewaktu2 saya mau mencairkan kelak tidak bekerja lagi.

    ReplyDelete
  76. ngak ribet apa ya.. sejam menunggu malah nda bs pencairan...

    ReplyDelete
  77. semoga pelayanan bpjs kesehatan semakin membaik ya dari tahun ketahun.

    ReplyDelete
  78. Hallo kak, mau tanya, kan saya baru saja mengundurkan diri dari perusahaan A, kemudian saya mau mencairkan bpjs ketenagakerjaan saya, tetapi saya sudah bekerja diperusahaan yg B, apakah saya bisa mencairkan bpjs yg diperusahaan lama saya? Terimakasih

    ReplyDelete
  79. Hallo kak, mau tanya, kan saya baru saja mengundurkan diri dari perusahaan A, kemudian saya mau mencairkan bpjs ketenagakerjaan saya, tetapi saya sudah bekerja diperusahaan yg B, apakah saya bisa mencairkan bpjs yg diperusahaan lama saya? Terimakasih

    ReplyDelete
  80. Hallo kak, mau tanya, kan saya baru saja mengundurkan diri dari perusahaan A, kemudian saya mau mencairkan bpjs ketenagakerjaan saya, tetapi saya sudah bekerja diperusahaan yg B, apakah saya bisa mencairkan bpjs yg diperusahaan lama saya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga, bisa kog tetapi tidak seratus %.
      detail bisa dibaca di Peraturan Pemerintah(PP) No 60 tahun 2015.
      Semoga membantu :)

      Delete
  81. Kalau pencairan nya pakai rekening istri bisa nggak..
    Kalau bisa ap syarat nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tahu kalau ini, tapi disarankan rekening dengan nama yang sama sesuai pemilik BPJS TK nya. semoga membantu :)

      Delete
  82. maaf mba, kita bisa tau dana sudah masuk itu hrus cek terus atm atau ada pmberitahuan lwt tlpn atau email ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman saya tidak ada notif sms atau email mb.
      jadi yha kita harus rajin cek manual, beri jeda 10-15 hari kerja dari proses pencairannya yha. Semoga membantu :)

      Delete
  83. elamat malam..
    Apakah mutasi bpjs ketenagakerjaan. Harus pake paklaring. Diperusahaan lama. Ke perusahaan baru. Untuk penggabungan saldo. Trima kasih

    ReplyDelete
  84. elamat malam..
    Apakah mutasi bpjs ketenagakerjaan. Harus pake paklaring. Diperusahaan lama. Ke perusahaan baru. Untuk penggabungan saldo. Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. siang :)
      untuk penggabungan saldo, mas ny tinggal ber nomor BPJS TK ke HRD perusahaan baru dan info untuk diteruskan saja. semoga membantu :)

      Delete
  85. Maaf mba saya sudah berenti selama 3 bulan dan saya mau klaim jht saya gak bisa, pas saya kirim persyartaan nya berupa foto, di situ di tulis rekening tidk boleh kosong, mksudnya gimana mba.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gmn mb? mb eklaim trs masukkin scan an rekening atau gmn?

      Delete