Gunung Cikuray 2821 MDPL via Pemancar (Memorable !!!!)

Pasca hiking cantik perdana ala rara sebelumnya yaitu ke Gunung Papandayan 2665 Mdpl, masih ada rasa penasaran di benak saya dengan gunung2 lainnya di Indonesia. Mungkin inilah yang disebut efek "nagih" setelah kamu naik gunung pertama kali and anggap saja saya kena sindrom "nagih" ^.^. Alhasil terlintas di pikiran saya untuk mencoba naik ke Gunung Cikuray dengan ketinggian sekitar 2821 Mdpl dan terkenal dengan treknya yang bisa dikata lumayan "ekstrem" bagi para pendaki terlebih pendaki pemula seperti saya.

Well, seperti biasa saya perkenalkan terlebih dahulu tujuan destinasi saya ini. Gunung Cikuray adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Gunung Cikuray mempunyai ketinggian 2.821 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Gede. Gunung ini berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung.
Untuk mencapai Cikuray dapat ditempuh dengan naik kendaraan umum dari Jakarta, Bandung atau dari Tasikmalaya menuju terminal Guntur. Dari sana diteruskan dengan angkutan kota menuju jalur pendakian, (Cikajang, Bayongbong atau Dayeuh Manggung). Ketiga jalur tersebut menawarkan medan yang sangat menarik dengan karakteristik masing-masing. Jalur bayongbong adalah jalur yang paling terjal, tetapi dapat cepat sampai di puncak. Jika anda bukan warga Jabar, mendaki Cikuray mesti satu paket dengan Gunung Guntur dan Gunung Papandayan. Keduanya menawarkan medan pendakian yang menarik. Karena letaknya paling tinggi di kabupaten Garut, kaki gunung Cikuray dipakai untuk stasiun pemancar TV swasta dan TVRI. Gunung Cikuray mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane dan Hutan Ericaceous. (Sumber : Wikipedia)

Persiapan

Paling penting untuk persiapan ke gunung adalah kondisi fisik dan mental kamu. Pastikan fisik dan mental kamu sehat..hehehe #catet. Next : alat tempur juga merupakan persiapan yang penting, untuk info persiapan hiking bisa dibaca disini saja yah. Waktu sudah ditentuin yaitu tanggal 27 Feb - 01 Maret 2015. Pasukan awal hanya 3 orang, alhasil rara cari temen di BPI dan total temen perjalanan menjadi 17 orang..hahaaa, jadi banyaak cuy !

Baca Juga : Hiking Perdana Bagi Pemula (Persiapan)

Tanggal 27 Februari 2015

Start dari kos jam 21.00 cuss ke terminal Kp. Rambutan. Seperti perjalanan ke Gunung Papandayan, meeting point sama yaitu di depan ATM BNI Kp. Rambutan dan naik busnya jurusan Garut. Karena banyak pasukan, alhasil rara bagi menjadi 3 kelompok . Kelompok depan dan belakang dibekali HaTe untuk komunikasi, ada juga kelompok advance yang notabene pendaki cepat mencari lapak untuk tenda di Atas. Lumayan "riweuh" koordinasi tim naik gunung dibanding koordinasi tim ngetrip ala rara sebelumnya. Meski trip bersifat sharecost (trip bersama) tapi sebagai penggagas mau gak mau saya harus koordinasi semuanya. And you know gaiss?? semua trip di blog rara ini, rara adalah penggagasnya..hahaaa >.<

Back to topic, setelah kumpul-kumpul, ramah-tamah (ada temen2 yang baru bertemu pertama kali), dirasa lengkap cuss ke Garut dengan ongkos Rp. 50rb/org. Dan inilah temen2 perjalanan rara ke Gunung Cikuray 27 Feb - 01 Maret 2015 :
1. Rara - Jakarta (P)
17.Hadi - Jakarta (L)

Keterangan : (P) = Perempuan, (L) = Laki-laki

Tanggal 28 Februari 2015

Tiba di Terminal Guntur jam 05.30 am, bisa dibilang ini sudah kesiangan banget. Bus yang kita naiki berangkat jam 01.00 am dari Jakarta dan parahnya suka ngetem hingga berjam-jam -_-' . Oke, abaikan bus tadi. Seperti dibahas saat opening, Gunung Cikuray ini memiliki 3 jalur pendakian yaitu Bayongbong, Cikajang dan Pemancar. Yang paling sering digunakan para pendaki adalah Jalur Pemancar, mengapa ? karena penyewaan mobil disekitar terminal hanya mau mengantarkan dengan tujuan jalur pemancar, sedangkan jalur lainnya seperti Bayongbong dan Cikajang terkenal jalan terjalnya hingga bisa berujung mobil mogok ditengah jalan (sudah sering kejadian).

Nego sana, nego sini dapet mobil sewa dengan ongkos Rp. 45rb/org dan langsung di drop di Pemancarnya. Ok deal, pasukan naik dan cuss menuju Pemancar yang dimaksud. Perjalanan sekitar 3 jam dari Terminal Guntur.

Jam 09.00 am sampai di Pemancar, sebelumnya Simaksi dulu dengan biaya admin Rp.10rb/org kemudian isi perut, cek perlengkapan, cek tim, pemanasan, berdoa and then naik naik ke puncak gunung. Weiitsss tunggu...puncaknya masih jauh cuy! kita mulai dengan daki-daki perlahan saja yaah ^o^
Pos Pemancar
Dari pos pemancar, mulai memasuki perkebunan dan tentu saja treknya nanjak terus, sekitar 30 menit ada tanah landai (bonus awal) dan view Gunung (entah gunung apa namanya) serta perkebunan...adem pokoknya. Lanjut perjalanan hingga pos awal pendakian, disini simaksi ulang dan tulis nama semua kru. Pos ini adalah pos terakhir terdapat mata air dan warung, pos berikutnya hingga puncak gak ada mata air, jadi prepare bawa dirigen isi air yaah gaiss. Disini management air dan logistik sangat penting.
Pos awal pendakian G. Cikuray
Berlanjut ke pos 3, looh kog tiba-tiba pos 3 ? well rara gak nemuin sign pos 2, mungkin krn terlalu fokus nanjak #halaaah..jadi langsung ke pos 3 yak..hahaaa. Dari pos awal pendakian hingga pos 3 ada beberapa tanjakan bukan beberapa sie sebenarnya karena dari awal pos pendakian, semua adalah tanjakan, gak ada bonus landai sedikitpun -____-' . Perjalanan sekitar 2 jam (tergantung sesi istirahat and kecepatan jalan kamu tentunya) hingga pos 3. Ada beberapa istilah tanjakan sebelum mencapai pos 3 yaitu tanjakan cihuy, tanjakan ambing, tanjakan wakwaw, tanjakan sakti dan sangiang taraje.
Tanjakan Ambing
Dari kiri : Vhe, Febri, Rara
Setiap tanjakan, makin ke atas makin ekstrem (*menurut saya), bermula dari tanjakan berupa tanah, naik lagi tanjakan dengan bantuan batu dan tanah keras untuk berpijak hingga tanjakan berupa akar-akar pohon hingga mengharuskan kita pakai gaya spiderman (*manjat). Selain harus jeli melihat tumpuan pijakan kaki, harus jeli juga memilih pegangan tangan. Karena banyak akar dan tanah yang rapuh.  Sekali salah pijakan atau pegangan alhasil kamu pasti jatuh dan terpeleset... #catetyapastikanlagi :)
Trek Cikuray
Uniknya gunung ini, kata pendaki yang hobi datang ke cikuray lagi dan lagi (katanya sie karna uda jatuh cinta ama gunung satu ini), Cikuray tak mengenal musim baik penghujan maupun kemarau pasti akan turun hujan tapi saran saya tetep saja hindari musim penghujan yaaah gaiss karna kemarau aja bisa hujan gimana kalo penghujan. Pengalaman saya dan teman2 naik kemarin, jam 10 pagi hingga magrib hujan gak berhenti (emang musimnya sie yah...hehee). Bahkan hujannya setia sampai keesokannya plus bonus angin dan badai T_T

Saya persingkat yaah karena cukup lama yaitu sekitar 1 bulan lebih saya pending tulisan ini n gak selesai2..hehe. Back to topic, karena hujan yang lumayan debitnya, tim saya terpisah, ada yang stay di pos 6 dan saya dengan nugie melanjutkan hingga puncak bayangan sedangkan tim pertama sudah bocan di tenda (*puncak bayangan) saat saya n nugie tiba. Jam 18.30 wib saya check point puncak bayangan. Lumayan melelahkan gaiss #jujurdarihati T_T . Saya sempat jatuh dan terkilir, selain medan yang nanjak terus plus diguyur hujan tiada henti and plus lagi uda treknya nanjak,ujan alhasil liciiin ma meeeen...hahaaa.

Ngerasain dingin ,super dingin malah! di puncak bayangan gunung cikuray apalagi dengan bonus hujan marathon dari pagi hingga malam, saya sempat demam (*panas tinggi setengah badan spt gejala tipes gitu) dan berpikir "Hmmm...jangan2 tanda hipotermia nieh!!!gak lucu ahh mati disini!" mungkin saya terlalu polos kali yaah...heheee, saya langsung tempelkan 'bye bye fever' (*kompres demam buat balita), minum obat demam, olesin semua badan pake minyak kayu putih. Saya memang sudah siap sedia dengan obat2-an untuk jaga2 saja karna saya lebih tahu saya sakitnya apa saja and lagi gak mau bebanin orang lain. ^.^

Tanggal 01 Maret 2015

Alhamdulillah, akhirnya malam terlewat. Setelah masak dan makan ala2 bersama tim pertama, jam 06.00 am ke puncak cikuray. Dari puncak bayangan sekitar 15 menit an. And walaaaaa....ini gaiss puncak Gunung Cikuray yang buat banyak pendaki jatuh cinta. Akhirnya we did it!!! we did it !!! Cikuray done ^o^/
Dari kiri : Rara, Erika, Ari, Hadi, Aris, Nugie, Neva, Albert

View dari Puncak Gunung Cikuray
Emaaaakkk...rara sampe maaak..!!! >.<
Mikir "Itu awan kayaknya empuk" #abaikan
Memang segala sesuatu yang 'Indah' gak mudah dicapai jika tak disertai dengan perjuangan seperti halnya Gunung Cikuray ini, trek nanjak yang panjang dan berliku layaknya seperti lika-liku kehidupan #waitkogjadipuitis -_- , intinya hidup gak jauh berbeda dengan kamu mendaki gunung. Ada kalanya kamu bertemu jalan terjal, jurang, dan kadang jalan kamu terhalang semak bahkan pohon. Belum lagi selama kamu berjalan diterpa hujan angin bahkan badai, keputusan ada di kamu, ya kamu ! diri kamu sendiri ! mau menyerah atau tetap lanjut mendaki hingga puncak.

Dan tentunya keputusan itu adalah keputusan terbaik buat kamu, bukan melulu soal puncak gaiss...puncak adalah bonus, lebih dari itu banyak hal yang kamu dapat selain puncak yaitu sahabat, keluarga baru, kebersamaan, bahkan kamu bisa tahu mana teman mana yang hanya 'sekedar teman' . Proses mendaki ini sama dengan proses kehidupan, terakhir yang membuatmu menjadi nilai lebih adalah kamu bisa mengenal dirimu, apa tujuanmu hidup, dan apakah kamu bahagia ? sepele sie tapi..ya sudahlaaahh...saya sepertinya terlalu mellow malam ini..hahaaa (*efek sambil dengerin relaxing music).

Back to topic yaah, kayaknya sudah mulai melantur kemana2. Di Puncak saya juga bertemu dengan teman2 yang stay di Pos 6. Turun jam 09.30 dan kamu tahu sepertinya hujan gak rela jika gak menyapa kami, well sempat ada insiden kecil saat turun. Saya jatuh dan posisi kaki ketekuk,  gak kuat jalan! yapss itupun saya belum sampai di pos 7. Ada mas2 yang baru naik ngurut kaki saya dan diberi balsem otot...makasih ya buat mas2 itu..dimanapun kamu berada...hehee. Akhirnya saya bersama nugie paling belakang, tim pertama sudah gak keliatan. Alhamdulillah ada yang bantu bawain keril saya dan nugie hingga turun ke pos 3 (*karna nugie bantu jalan saya selama turun). Makasih juga buat mas2 yang bantu bawain keril yah..dimanapun kamu berada..hehee #part2.

Dengan susah payah turun, dan dasyatnya lagi hujan angin saat otw turun ke pos 5. Saya dan Nugie gak pake jas hujan, hanya berbekal trash bag yang disulap jadi jas ujan ala2, plus air minum 1 botol n coklat 1 bungkus. Badan sempat menggigil kaku, kaki kanan saya gak bisa buat jalan tapi saya harus paksain rasa sakit saya karna saya gak berniat untuk 'selesai disini' itu pikir saya. Sepertinya lama kelamaan kaki kanan saya mulai 'ba'al' (*mati rasa) karna kedinginan. Dan kamu tahu apa yang buat saya pengen cepet sampai pemancar ? pertama kali liat pacet (*sejenis lintah mirip cacing cuma warnanya ijo cendol), rara paling parno ama hewan sejenis melata gitu, gak mau itu pacet  deket2 sampe rara nangis pengen buru2 turun alhasil jatuh kepeleset berkali-kali (*belasan ada kayaknya). Dan pacetnya dimana-manaaaa gaisss T_T . 'Ya Allah, Selamatkan hambaMu dari Pacet2 Genit Ya Allah' T_T

Alhamdulillah, saya selamat hingga pemancar dan touchdown sekitar jam 19.00. Perjalanan turun gunung seru, makasih yah buat teman saya nugie yang membantu dan menolong saya selama pendakian dan turun gunung cikuray. ^.^ Terima kasih juga buat teman2 yang lainnya tanpa terkecuali ^.^ Cikuray pokoknya memorable banget !!!! buangeeeet !!! oh yaah..ini looh oleh2 dari cikuray yang pasti akan membekas.
Oleh2 dari Cikuray
Sudah sebulan lebih tepatnya 48 hari sejak dari Cikuray, kaki saya masih sakit cuma saya gak mau manjain nanti malah sakitnya nambah2..hahaa..sejak kejadian jatuh belum sempat diurut juga, jadi kerasa tulang yang dibagian bengkaknya mengeras gitu gaiss..hmm, moga gak kenapa2 yaah ^.^ #Amieen

Tanggal 02 Maret 2015

Touchdown kos jam 01.48 dini hari. Jika ditanya "Rara kamu kapok naik gunung kan? liat kaki kamu begitu gara2 naik gunung" , rara cuma jawab "Bukan gara2 naik gunung kog, ini kesalahan saya sendiri yang kurang hati2, kapok ? hmmm..liat saja nanti gimana heheee" . Aneeh kan jadinya, orang gunungnya diem gak ngapa2 in masa disalahin..kalo gunung bisa ngomong mungkin bakal bilang "Disitu kadang saya merasa sedih" hahaa... ^o^

Pesan juga buat pembaca yang mau naik gunung :
1. Jangan tinggalkan apapun selain jejak.(sampah bawa balik turun yaah gaiss #cateeeet gunung bukan TPS!)
2. Jangan ambil apapun selain foto.
3. Jaga lingkungan dan hutan. (Kalo bukan kamu siapa lagi ???)
4. Jaga perilaku dan ucapan. (Penting! hargain penghuni lain *'kasat mata')

Biaya Hiking ke Gunung Cikuray 27 Februari - 01 Maret 2015 :

Ongkos PP Kp. Rambutan - Guntur     : Rp.  100.000,-
Ongkos PP Guntur - Pemancar            : Rp.    85.000,-
Simaksi                                                : Rp.   10.000,-
Makan+Jajan+Toilet                            : Rp.    35.000,-
Logistik + Obat2 an Pribadi                 : Rp.    49.000,-
 Total                                                  : Rp.  279.000,-

Finally kelar juga nulis tentang Cikuray, heheee. Yayyy ~~~ ^.^/
Terima kasih yah uda baca trip stories ala rara. Jangan lupa subscribe and follow yah supaya kamu gak ketinggalan cerita backpacker ala rara lainnya ^.^

42 comments:
Write komentar
  1. Mbak Rara, saya mau tanya ni, rencana tgl 25 ini mau naik k cikuray, di pos pemancar ada msjid ngak buat jumatan??
    Atau masjid paling dekat dengan pos 1 itu dimana y??
    Soalnya rencana naik abis jumatan...

Replies
    1. di pemancar sudah gak ada masjid mas, setelah lewati rumah penduduk hanya ada perkebunan hingga pos pemancar.

semoga hiking nya lancar yaah...jangan lupa bawa jas hujan ^.^

2. Ga sabar tgl 24 naik nih doain yaa hehehehe

3. hihi..ok iqbal, moga hikingnya lancar yaah :)
      di pos puncak bayangan ada yg jual cilok bal, rasanya nikmat dawh..hehee, jd wajib nyobain..^.^

Delete
  2. Mba rara...sya mau tanya..
    Untuk sewa mobilnya baiknya dr terminal atau dr desa trdekt?*soalnya pernh dengr ojek yg k arah pemancar rada rese klo ada mobil yg bawa pendaki ksana..
    Mksh mba

Replies
    1. hai juga ina...saran saya sewanya dari terminal guntur, yang penting sodorin temen yang jago nego saja..:D

Alhamdulillah ke cikuray 2x belum nemuin keluhan tentang ojek mb.
      semoga trip nya lancar ya mb :)

Delete
  3. Mba saya mau naik nih 2 minggu lagi. Kendaraan yg di pake dari guntur ke pemncar tuh apa? Terus pas kita pulang untuk mengantarkan ke gunturnya gimna? Maaf byk nanya hhii

Replies
    1. Dari terminal guntur ke pemancar naik mobil bak terbuka sewaan, di depan terminal sudah stand by bnyak kog :)

Pulangnya jg jangan khawatir, di pemancar bawah jg sudah stand by bnyk mobil bak terbuka tapi usahakan tiba di bawah maksimal maghrib yaah..

Have a nice hiking :)

Delete
  4. Mba saya rencana nya 2 minggu lg mu naik. Kendaraan yg di pakenya tuh apa dari guntur sampe pemncar? Nego matinya berapa? Trus pas pulang dijemput atau gimana?

ReplyDelete
  5. malam mba sarah, mau tanya kalau dari terminal guntur ke pemancar itu per orang kena ongkos berapa ya kalo naik mobil bak? terimakasih

Replies
    1. maaf baru balas, biasa kena 35-50rb per orang tergantung banyaknya rombongan juga, ongkos bisa di nego kog :)

Delete
  6. Mba saya mau ke cikuray tggl 8-9-10juni. Saya mau nanya, itu kan bulan puasa, kira2 kendaraan yang mba pake dr kmp.rambutan sampe jalurpemancar itu ada ga ya kalo bulan puasa? Makasih mbaa..

Replies
    1. Untuk kendaraan dari kp rambutan hingga terminal guntur selalu ada kog :)
      sedangkan dari terminal guntur ke pemancar saya belum pernah nyobain naik pas bulan puasa tapi in shaa Allah selalu ada :
      sama-sama, semoga hiking nya lancar yaah (o)

Delete
    2. Assalamu'alaikum.. salam kenal mba rata,rencana sy mau hiking ke cikuray minggu ini kamis mlm jumat naiknya, kira2 kalo habis isa jam 8an bus ke terminal garut selalu molor kah berangkatnya?

3. Walaikumsalam..salam knal kembali :)
      maksudnya mb start dari jakarta atau dari mana? biasanya bus ke terminal garut nunggu hingga bus nya full tapi jika kamu ingin cepet and on time bisa naik bus primajasa saja. (o)

Delete
  7. Mba Rara Cantik dech ;-)

ReplyDelete
  8. iiihh itu kakinya knpa, ko sehabis mendaki gunung cikuray jadi seperti itu?

Replies
    1. Bukas mas :-s itu saat turun kaki saya terkilir dan dipaksain jalan alhasil bengkak ;(

Delete
  9. Kak rara salam kenal, saya mau naik sekitaran bulan agustus tapi belum dapet temen, kira2 ada batas minimal anggota pendaki gak sih buat daki gunung cikuray ,, makasih

Replies
    1. Salam kenal Roni, setahu saya tidak ada minimal kuota mas. Sendiri juga gpp asal mas nya memang sudah sering hiking.
      Moga lancar ya.. :)

Delete
  10. Ka mohom maaf mau tanya , kalau mendaki gunun cikuray hanya 2 orng di perbolehkan atau tidak yaa ? Thanks sebelumnya, dan untuk pendakian tanggal 30july di buka atau tidak ?

Replies
    1. diperbolehkan mas deddy, tanggal 30 july cikuray dibuka untuk pendakian..semoga membantu :)

Delete
  11. Hai mb rara, salam kenal, ubtuk plg ke jkt nya naik pickup lg ke terminal guntur lalu naik bis yg ke kp rambutan lagi ya ? Ada syarat pendakian sprti surat keterangan sehat kah ? Thanks

ReplyDelete
  12. Hai mb rara, salam kenal, ubtuk plg ke jkt nya naik pickup lg ke terminal guntur lalu naik bis yg ke kp rambutan lagi ya ? Ada syarat pendakian sprti surat keterangan sehat kah ? Thanks

Replies
    1. Hai Irfan, maaf baru dibalas komennya, iya mas saat balik ke terminal guntur naik pickup lagi dari pemancar dan dilanjut bus ke kp. rambutan. Untuk syarat pendakian yang penting siap lahir batin aja mas..hehee :-d , cukup simaksi daftar nama dan no hp saja. Semoga membantu :)

Delete
  13. halo mbak Rara mau tanya donks, kalo di atas (wilayah camp) disediakan toilet umum gak ya? klo di Papandayan mah ada wlpn antri ya hehe.. thx u

Replies
    1. halo juga mb vie, tidak ada toilet mb :). Gunung Cikuray gunung extrem untuk pendaki pemula, jika papandayan gunung wisata, jadi sebelum ke Gunung Cikuray pastikan untuk latian fisik dan safety equipment ya say. Semoga membantu :)

Delete
    2. Maaf Mbak mau tanya klo dari st. Cibatu ke terminal guntur klo setelah jam 10 malam itu memakai transportasi apa ya trus kena tarif brapa?
      Terima kasih

14. Mba rara mau nanya kira kira 1 orang itu bawa air berapa banyak ya biar sampe puncak ga kehabisan air? Soalnya kan itu mata air cuma dibawah doang.

Replies
    1. Saran saya dari pengalaman (3x ke Cikuray), lebih baik tiap orang bawa 2 botol air minum masing2 kira2 1 liter/botol (aqua yang besar *bukan endorse ya) dan air untuk masak cukup bawa dirigen lipat dengan kapasitas 5 liter (disesuaikan dengan jumlah team)..keep safety ya :)

Delete
    2. Halo mba salam kenal. Mau tanya mba untuk masalah ijin perlu apa aja ya? Atau langsung datang dan bayar di lokasi? Trus kalau bulan oktober-november buka tdk? Terima kasih ��

3. Halo mas Adi, salam kenal juga.
      Untuk simaksi langsung datang dan bayar di lokasi. :)

Delete
  15. ceritanya bagus, lengkap pula.. akhir bulan ini *read Juli, mau naik ke Cikuray.. semoga semua berjalan lancar.
    tunggu ceritanya di Dongengtravel

ReplyDelete
  16. Ka mau tanya . Untuk bus dari bekasi ke garut itu jam brp yak terakhir ?
    Untuk bus kp rambutan ke garut juga jam brp terakhir ya ? Soalnya saya mau berangkat jam 2 atau 3 pagi ?

17. Ka kl kp rambutan ke garut jam 2-3 pagi ada ga ya ?

ReplyDelete
  18. Hai mba rara. Mau nanya ni di gunung cikuray via pemancar ada sumber air gak mba ?

19. Cikuray via pemancar ada sumber air ga mba ?

20. Maaf mau tanya agan2 semua, saya baru pertama kali mau naik gunung, nah gunung ini yg saya pilih kebetulan karna di ajak, saya mau tanya apa di sana banyak pacet nya gak ya ? Soal nya saya punya pobia pacet mmaaf alay emang saran dan info nya dong hehe

Replies
    1. jika setelah hujan banyak pacet nya mas :)