Jalan-Jalan ke Bali AlaRara 4 Transportasi

Persiapan

Persiapan nge'trip ke bali minimal kamu harus menentukan jenis transportasi apa yang akan kamu gunakan. Jika kamu ingin menggunakan kereta api yaitu dengan rute transit antara lain senen-lempuyangan-banyuwangibaru atau senen-gubeng-banyuwangibaru saya sarankan pesanlah tiket kereta H-90 alias 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan kamu. Jika kamu menggunakan pesawat atau bus lebih mudah lagi, tinggal pesan tiket PP.

Saya sendiri menggunakan transportasi kereta dengan rute senen-lempuyangan-banyuwangibaru dan pulang dengan rute sebaliknya. Berapa lama perjalanan jika naik kereta ? sebenarnya total perjalanan sekitar 20 jam tetapi karena ada masa tunggu transit perjalanan memakan waktu hampir 2 hari.
Berikut jadwal kereta saya (persiapan ke bali) :
Tiket Pergi:
Tanggal 22 Desember 2014
Jakarta (St.Pasar Senen)-Yogya (Lempuyangan) Jam 21:55-06:09 via Bogowonto
Tanggal 23 Desember 2014
Yogya (Lempuyangan)-Banyuwangi (St.Banyuwangibiru) Jam 07:20-20:29 via Sri Tanjung
Tiket Balik :
Tanggal 27 Desember 2014
Banyuwangi (St.Banyuwangibiru)- Yogya (Lempuyangan) Jam 06:30-19:37 via Sri Tanjung
Tanggal 28 Desember 2014
Yogya (Lempuyangan)-Jakarta (St.Pasar Senen) Jam 13:37-20:27 via Krakatau

Setelah persiapan tiket transportasi PP menuju Bali, berikutnya pesan hotel dan kendaraan selama disana. Pesan hotel kamu bisa booking online melalui booking.com , klikhotel.com, agoda.com, rajakamar.com atau website lain yang sejenis. Alternatif lain kamu bisa cari penginapan on the spot saat di bali, di poppies banyak juga hotel murah kog :) . Berikutnya persiapan kendaraan, kamu bisa contact teman rara, namanya Itha, berikut contactnya :
Nama    : Sarmitha Rental
Pin BB  : 76B40146
No. HP  : 087861224586
Selain menyediakan sewa motor/mobil, dia juga sedia voucher paraglading, voucher benoa watersport dll yang harganya terjangkau. Mengapa saya rekomendasiin Sarmitha ? Dia gak pake dp2 an untuk booking dan bisa dibayar saat on the spot, selain itu service nya total banget, orangnya baik, bantu teman saya cari hotel, beri rekomendasi tempat2 wisata bahkan sampai anterin dan pastiin saya dan teman2 gak telat boarding saat balik (looh kog pulangnya naik pesawat? nanti akan ada ceritanya..hehehee..) . Well, ini bukan iklan terselubung yah..saya ungkapin apa adanya sesuai yang saya rasain ^.^ . Jika dia tanya dapat contact dia dari siapa, bilang saja dari Rara :).

Tanggal 22 Desember 2014

Pulang kerja langsung cuss ke stasiun pasar senen, sebenarnya jadwal kereta jam 21:55 tapi demi menghindari macet saya langsung ke senen. Sambil menunggu temen2, nyantai minum chocolate milo ala2 sevel senen di luar mushola. Bogowonto datang sesuai jadwal dan saya bertemu dengan temen lama yang dulu pernah trip ke singapore bareng yaitu Imron. Kereta mulai jalan arah lempuyangan, pasukan ng'trip saya kali ini adalah fikri, imron, hari, sandi dan baster. Let's go !!!
Me :)
Tanggal 23 Desember 2014

Bogowonto sampai lempuyangan sekitar jam 06.35, dan kereta selanjutnya yaitu Sri Tanjung jurusan banyuwangibaru sudah nangkring cantik di rel nya. Sebelum naik kereta selanjutnya jangan lupa untuk minta stempel periksa ke petugas tiket di pintu masuk. Di lempuyangan pasukan bertambah 1 yaitu dede alias Gaplek temennya Imron. Perjalanan terlama dimulai, yaitu sekitar 12 Jam duduk di kereta. Yang lebih ironi, Sri Tanjung gampang ngambek, dikit-dikit lost sinyal dan gak jalan. Dampaknya seharusnya kita sampai di banyuwangibaru Jam 20.29, moloor sampai Jam 22.23 an.. T_T help my bokong plisss >,<
Tiba di Banyuwangibaru, saya dan teman-teman istirahat sebentar dan makan rames di depan stasiun. Sekitar Jam 23.30 an kita lanjutkan destinasi berikutnya yaitu Pelabuhan Ketapang untuk menyebrang naik kapal ke Gilimanuk. Pelabuhan Ketapang dari stasiun Banyuwangibaru, kamu tinggal jalan kaki lurus hingga jalan raya besar kemudian belok kanan, sekitar 7 menit jalan kaki. Tiket kapal Ketapang-Gilimanuk Rp. 8000, lama perjalanan 45 menit-1 jam. Kapal menuju gilimanuk beroperasi 24 Jam jadi kamu gak perlu takut ketinggalan kapal.

Tanggal 24 Desember 2014
Naah..turun dari kapal kamu bakal disambut banyak calo bus. Jika ditanya mau kemana, bilang saja kamu sudah dijemput. Lanjut saja jalan kaki menuju terminal gilimanuk sekitar 15 menit, dan kamu akan lewati petugas pengecekan identitas (KTP). Sampai di terminal gilimanuk cari metrobus (sedang) jurusan Ubung (ada tulisan Gilimanuk-Ubung di muka busnya), saya dan teman-teman kemarin diberi tarif Rp. 40.000/orang kemungkinan karena naiknya BBM kali yah...Dan saat itu sudah pukul 01.45 dini hari waktu setempat. Bus menuju Ubung menunggu penumpang penuh baru berangkat jadi sabar-sabar ajj yaah.. ^.^

Well..diluar perkiraan ternyata gilimanuk-ubung macet parah hingga bus kami bener-bener gak gerak 1 cm pun dan usut punya usut macetnya karena ada kecelakaan. Ruas jalan dipenuhi kendaraan dari arah ubung dan alhasil kendaraan arah gilimanuk juga gak bisa lewat. Endingnya saya dan teman2 keluar dari bus untuk hirup udara sejenak dan melihat ke langit....waaaaah....taburan bintang cuy ! and eng ing eng...baru sadar kita ada di tengah hutan ternyata..hahaaa..
Jarak Gilimanuk-Ubung sekitar 36km dan kita baru mencapai 4km. Sekitar 1 jam lebih bus gak gerak sama sekali dan truk di depan mulai mematikan mesin dan supirnya duduk, tiduran bahkan ngobrol2 di atas aspal. Ada ide dari imron untuk jalan kaki hingga melewati arus macet, diskusi sama temen2 dan semua juga setuju so mulai lah kita jalan kaki. Posisi rara cew sendiri dan bawa tas keril 60L, dan bersyukur minggu sebelumnya rara sempat cfd jadi gak terlalu kaget, ternyata macetnya panjang men..1 jam jalan kaki...2 jam jalan kaki...3 jam jalan kaki..dari langit masih gelap hingga terang benderang. Gila memang klo diinget2..hahaa..ke bali uda kayak naik gunung ajj. Setelah 3,5 Jam jalan kaki, ketemu sebab macet yaitu truk terjun bebas nabrak jembatan...owalaaaa..endingnya temen2 mulai lambaikan tangan..sekitar 8km lebih mungkin kita jalan kaki, ketemu warung pinggir jalan istirahat bentar dan mulai cari ide untuk numpang truk lewat.

Ditunggu-tunggu arah ke ubung sepi kendaraan, sedangkan arah sebaliknya padat merayap gak bergerak. Well, mikir nanggung lanjut jalan kaki lagi dawh sampai ada metrobus pesenan orang yang awal mulanya gak mau kita tumpangi, tapi akhirnya kita rayu bapaknya mau beri tumpangan ke terminal apapun yang penting ada kehidupannya (secara kita dari dalam hutan cuy!). Saya, fikri, hari, baster, imron, sandi dan gaplek mulai keliatan capeknya, bersyukur banget dapet tumpangan dan kita patungan per orang Rp. 15rb untuk bapaknya. Dianterin ke terminal entah apa namanya dan dicariin angkot yang arah ubung dengan ongkos Rp. 15rb/orang, sampai ubung saya dan teman2 dijemput drivernya Itha (Sarmitha Rental) dengan biaya Rp. 100rb/mobil sampai hotel (patungan Rp. 15rb/orang). Sampai di Kuta sekitar jam 09.30 waktu setempat.
Imron dkk dicariin penginapan ama itha, sedangkan saya sudah booking hotel di rabasta dan dipindah di airport kuta hotel dengan alasan ada kamar yang bocor. Ya sudahlaah, meski jadi lebih jauh dari kuta, yang penting bisa buat tidur . Sampai hotel...langsung teparrrrrrr.....zzzZzzZzz

Bangun sekitar jam 12 siang waktu setempat, mager (males gerak) padahal uda sampai bali..and u know gaiss...kaki langsung linu dan sakiiit bangeet T_T . Endingnya coba lawan gravitasi, langsung saya jemput ka susan di hotelnya yaitu di daerah poppies 2. Saya sarankan explore bali dengan sewa motor saja yaitu 50rb/hari, karena jika kamu pake mobil pastinya kamu hanya akan tua di jalan. Macetnya cuy..gak kalah ama macetnya jakarta! apalagi saat high season so sewa motor lebih baik.

Destinasi pertama adalah tanah lot, karena pake motor jadi untuk cari jalan install Waze untuk penunjuk jalan kamu. Waze adalah aplikasi semacam gps, aplikasi ini gokil abis, bahkan jalan di gang tikus dia juga tau...hahaa #wajibpunya bagi traveler yang suka ng'bolang. Tiket masuk tanah Lot Rp.10rb/org . Puas foto-foto dan selfie hingga sunset usai, lanjut nongki cantik sambil minum es kelapa muda ama temen2 di depan pintu masuk tanah lot hingga jam 8 malem. Mampir ke Krisna untuk liat jenis oleh2 then balik ke kuta (hotel ka susan) dan balik ke hotel sendiri lanjut isi tenaga untuk besok pagi.
Tanah Lot, Bali
Dari Kiri : Imron, Dede, Ra2, Fikri, Susan, Sandi
Tanggal 25 Desember 2014

Efek balas dendam karena kurang tidur saat di perjalanan, bangun tidur jam 09.00 (untung sedang gak sholat) dan ke destinasi pertama hari kedua yaitu Bedugul. Ternyata oh ternyata..navigasi yang kita tuju salah yaitu ke jalan bedugul bukan ke bedugul taman ulun danu padahal uda 1,5 jam di jalan...Bahhh ! And yang bagian navigasi itu rara..hahaaaa, jadinya yang bego siapa nie -_-

Godaan anak backpacker itu gak tahan kalo liat sevel pengennya mampir dan ngopi bentar, naahh lom sampe bedugul mampir dawh ke sevel dulu..hahaa. Mikir bedugul kejauhan akhirnya belok ke Ubud dan tibalah di Monkey Forest Ubud, harga tiket Rp.30rb/org. Setelah Ubud lanjut ke GWK lewat jalan dalem dan melewati beberapa tempat wisata yang tetep saja kita lewatin karena tujuan kita gak ke situ misal pasar sukawati, bali bird park dll (lupa).
Monkey Forest Ubud, Bali
Sampai di GWK kita disambut hujan dan stuck di depan loket karcis masuk saking deresnya ujan. Tiket masuk GWK Rp. 50rb/org. Dari GWK lanjut ke destinasi berikutnya yaitu Uluwatu untuk nonton tari kecak yang sudah kita booking sebelumnya dengan tiket nonton tari kecak Rp. 90rb/org sedangkan tiket masuk ke tempat wisata uluwatu Rp. 20rb/org.
GWK, Bali
Tari kecaknya keren, kalo kamu ke bali wajib nonton ini. 1 Jam pertunjukan saat sunset di uluwatu dengan cerita rama dan sinta, mungkin ini yang paling berkesan selama saya di bali. Dari uluwatu lanjut ke legian dan mampir ke Kimberly untuk full body massage, 60rb/jam. Secara bekas pegel naik kereta 2 hari, lanjut jalan kaki 4 jam, lanjut naik motor selama muter2 bali masih terasa, kamu wajib coba biar rasa kita sama!...hahaaaa. Muter-muter legian sampai mabok (karena macet), makan dan lanjut bocan alias bobo cantik.
Uluwatu, Bali
Tari Kecak Uluwatu, Bali
Tanggal 26 Desember 2014

Destinasi pertama hunting pia legong, dan ternyata stock habis, ada ketentuan 1 orang hanya boleh maksimal pesan 2 box dengan harga Rp. 90rb/box. Berikutnya lanjut ke Tanjung Benoa, cuma bisa foto-foto dan bengong ngeliatin temen yang lagi asyik main jetski, rara gak ikutan karena sedang berhalangan (if u know wat i mean). Next nyobain makanan khas bali yaitu Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Enaaak euy! (*recomended : menu kuah ayam betutu) Niat mau dibungkus dibawa pulang tapi pasti basi.. T_T
Tanjung Benoa saat mendung
Krisna Oleh2, Pusat Oleh2 Bali
Kuah Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Nyummy!
Dari wisata kuliner, mampir ke Krisna Oleh-Oleh untuk beli titipan keluarga dan temen kantor. Setelah beli oleh-oleh lanjut balik ke hotel dan siap2 ke airport. Looh kog ke airport ? well, karena badan terasa gak enak akhirnya saya dan teman2 putusin untuk naik Air Asia dengan jadwal penerbangan pukul 21.55 waktu setempat. Tapi masih ada teman yang tetep memilih naik kereta api yaitu Sandi dan Gaplek #saluuud. Kebetulan saya dapet tiket balik ke jakarta dengan harga Rp. 425rb.

Bagi kamu yang balik naik kereta lagi, dari kuta kamu harus ke Central Park untuk naik bus singgarjati jurusan ubung dan dari ubung lanjut naik metrobus jurusan gilimanuk, nyebrang ke ketapang naik kapal dan kemudian naik kereta.
Beberapa tempat yang gagal saya kunjungi yaitu Taman Anyun dan Pura Ulun Danu Bedugul. Next time mampir jika ke Bali lagi dewh, hehee...Itulah jalan-jalan singkat ke Bali ala Rara...dengan 4 transportasi mulai dari kereta, kapal, bus dan pesawat plus bonus jalan kaki...heheee. Oyah, ada berita duka dari pesawat air asia QZ8501 yang dikabarkan hilang kontak sejak Minggu, 28 Desember 2014 rute Sby-Singapura. Padahal baru jumat sebelumnya saya juga naik Air Asia. Semoga pesawat tersebut lekas ditemukan dan seluruh penumpang serta awak pesawat dalam keadaan baik-baik saja. Serta keluarga dari penumpang serta awak pesawat diberikan ketabahan. Amien...#prayforQZ8501 #mogacepetketemu

Thanks for reading my blog ^o^

7 comments:
Write komentar
  1. Hai mbak rara. Bolehh minta kontaknya? Saya rencana mau ke bali solo travelling. Tolong di emaiil ya fideliaard@gmail.com. Thx

Replies
    1. hai jg fidelia, bisa hubungi saya vie email sarahmulyan4@gmail.com
      salam kenal and thanks sudah mampir ^o^

Delete
  2. Liburan yang sangat menyenangkan. Bali memang dominan dengan banyak obyek wisata nya. Tapi jangan lewatkan, Bali juga punya tempat untuk rekreasi baru, dengan konsep alami,budaya dan eco educational tampaksiring mempunyai tempat itu. Letaknya di tampaksiring gianyar Bali. _lepaskan penak Anda di nuansa perkotaan, mari nikmati liburan di daerah pedesaan yang alami_ *tampaksiring journey* .Tampaksiring the best..banyak pilihan untuk menikmati liburan Anda di wilayah tampaksiring, dari obyek pura hingga wisata outbond. Eco cycling bali . And
    Bali rice trekking

ReplyDelete
  3. kemarin pake rental yang di rekomenin mba rara servicenya okeemm juga hihiw >.<

4. Thx For U Brother, I LOove U Full ^_^. Dont Forget Me And Follow Me In Here
    harga viagra
    viagra asli
    beli viagra

ReplyDelete
  5. Pas banget nih ketemu sama blognya mba rara. terima kasih atas infonya. BTW itu contact rentalnya masih aktif kan? barangkali saya da rencana ke sana bisa hub beliau.

Nanti aku mau ngaku2nya temen mba rara boleh yah. Hehehe.... (SKSD)

Top dah infonya.

Kunjungi blog saya juga ya mba rara.