Hiking Perdana Bagi Pemula (Persiapan)

Hiking alias naik gunung akan saya bahas di post ini. Mengapa saya tiba-tiba membahas soal hiking ? karena oh karena saya juga punya rencana untuk hiking perdana di akhir januari 2015. Dari semua story trip saya ibarat kata masih tahap nge'trip cantik baik yang bersifat semi backpacker bahkan backpacker totally, explore city sudah pernah, nyelam dilautan sudah pernah, ngebolang hingga nge'gembel di luar negeri sudah pernah juga *hehee, naaah saatnya trip yang bersifat lebih memacu adrenalin yaitu naik gunung. 

Jika kamu juga sama halnya dengan saya yaitu belum pernah hiking sebelumnya and punya rencana pengen naik gunung dengan pasang mode mupeng pake BGT, kamu bisa ikuti beberapa tahap persiapan hiking perdana ala2 rara berikut :

1. Persiapan Fisik
   Well..hiking bukan untuk main-main atau uji coba-cobaan and pamer foto ala2 kamu sampai puncak. So catatan penting buat kamu sebelum naik gunung yaitu kamu harus prepare fisik kamu dengan baik, karena saat naik gunung akan terjadi perubahan metabolisme tubuh seperti penumpukan asam laktat yang membuat badan pegal, jantung yang berdegup lebih kencang, dsb. Selain itu perubahan lingkungan seperti perubahan kerapatan oksigen dan penurunan suhu udara karena ketinggian, terbatasnya ketersediaan air minum, dsb.

Baca Juga : Gunung Papandayan 2665 MDPL, Hiking Perdana Ala Rara

   Supaya badan kamu tidak terlalu kaget dengan perubahan metabolisme tubuh serta perubahan lingkungan saat naik gunung maka kamu harus ber-olahraga lebih intensif dari hari-hari sebelumnya. Bagaimana yang gak pernah olahraga sebelumnya ra? naah sama seperti rara, saya juga jarang banget olahraga. Persiapan fisik saya antara lain budayakan jalan kaki ke kantor (jarak kos-kantor saya cukup dekat jika rumah-kantor kamu jauh jangan lakukan tips ini), naik turun tangga saat dikantor (dikantor saya memang cuma ada tangga jadi bersyukur bisa buat olahraga ringan meski cuma sampai lantai 3 :P), olahraga 2x seminggu yaitu lari dan berenang (fokus : mulai awal januari..hehe). Itu beberapa latian fisik ala rara, kamu bisa melakukan latian fisik yang lebih cocok untuk kamu sebagai contoh jalan atau joging dengan jarak tempuh yang ditingkatkan setiap berlatih, sit-up, push-up, renang, naik-turun tangga, dan ditutup dengan gerakan pendinginan. 

   Persiapan fisik untuk hiking paling ideal adalah sebulan sebelum hiking dan minimal 2 minggu sebelum hiking, semakin panjang masa persiapan fisik kamu akan semakin baik. Selain berolahraga, pola makan dan pola tidur juga harus dijaga sebelum berangkat.

2. Persiapan Peralatan
   Untuk persiapan alat tempur alias persiapan peralatan hiking saya bagi menjadi 2 yaitu persiapan peralatan pribadi dan kelompok.

a) Pribadi
    1. Carrier atau tas Ransel
     Carrier atau tas ransel berguna untuk meletakkan barang-barang yang akan kita bawa dalam pendakian, yang perlu kita ingat dalam penggunaan Carrier adalah kenyamanan dan fungsinya. Pertimbangan dalam memilih carrier adalah;
– Ringan. Sebaiknya memilih Carrier yang terbuat dari bahan water proof, bahan ini tidak menyerap banyak air disaat basah dan juga dapat melindungi isi nya.
– Kuat. Mampu membawa beban dengan aman,tidak mudah robek dan berdaya tahan tingi.
– Nyaman (comfortable) Carrier yang mempunyai rangka, ini berguna agar berat beban merata dan seimbang keseluruh tubuh. Tali penyadang Carrier harus kuat, agak lebar, empuk dan mudah distel.

Susunan Packing Carrier
Cara-cara mempacking :
– Tempatkanlah barang-barang yang lebih berat setinggi dan sedekat mungkin kebadan. Barang barang yang relatif lebih ringan ditempatkan dibagian bawah.
– Kelompokan barang yang sering diperlukan dalam perjalanan dan ditempatkan pada bagian atas atau pada kantong kantong luar Carrier seperti: ponco,alat P3K,kamera dan lain lain.
– Masukan kedalam kantong plastik yang tidak tembus air terutama pakaian , buku dll
– sebisa mungkin carrier di lapisi matras agar bentuk sesuai dengan aslinya carrier dan untuk mempermudah pengepakan dan kenyamanan.

    2. Sleeping Bag
       Mengenai perlengkapan tidur sebaiknya menggunakan Sleeping Bag (kantong tidur), bahan yang bagus adalah dari jenis Down dan Duvet (terbuat dari bulu angsa) atau dari bahan parasut yang berisi busa tipis atau dalamnya terbuat dari bahan polar. 
Sleeping Bag
    3. Pakaian
    Karena sering terjadi perubahan cuaca, maka sebaiknya menggunakan pakaian yang dapat menyerap keringat, jangan lupa membawa jaket atau sweter, sarung tangan, topi rimba atau sebo yang berwarna norak, gunanya seandainya tersesat akan mudah terlihat oleh TIM SAR. Bawa juga pakaian ganti sesuaikan dengan lama perjalanan yang direncanakan. Dalam perjalanan mendaki gunung sebaiknya mengenakan pakaian yang mudah kering atau tidak terlalu menyerap air bila basah.
Jaket Gunung
     4. Jas Ujan atau Ponco
        Gunanya apabila keadaan atau cuaca disana tidak mendukung atau hujan kita bisa menggunakan jas hujan atau ponco tersebut untuk melindungi tubuh kita dari air hujan, sehingga kita tidak basah dan kedinginan. Terlebih saat musim penghujan, jas ujan ini wajib dibawa yaaah.
Sepatu Gunung
    
    5. Sepatu atau Sandal Gunung
     Gunanya untuk melindungi kaki kita dari batu tajam, kayu runcing, gigitan binatang serta duri – duri yang banyak kita temui selama perjalanan mendaki gunung tersebut. Adapun syarat – syarat sepatu yang baik yaitu sepatu yang mempunyai kembang yang besar dengan ceruk yang dalam dan berpunggung yang tinggi, gunanya untuk memantapkan posisi kaki terhadap tebing yang curam dan bebatuan yang terjal.dan ketinggian sepatu menutupi mata kaki. Sebaiknya menggunakan sepatu atau sandal yang bahanya terbuat dari karet karena tidak mudah robek bila terkena duri atau batu yang cadas dan memakai sepatu atau sandal yang berukuran lebih besar untuk menghindari kelecetan pada kaki.

    6. Sarung Tangan, Buff, Kaos Kaki, Gaiter & Topi
     Sarung tangan berguna untuk melindungi tangan dari goresan, gesekan atau mungkin gigitan binatang-binatang kecil di tangan anda saat melewati trek di gunung khususnya di hutan-hutan lebat atau semak belukar. Selain itu sarung tangan juga berguna sebagai penghangat, karena salah satu bagian tubuh yang sensitif terhadap hawa dingin adalah jari-jari tangan.
Sarung Tangan
Buff adalah kain multi fungsi dan serba guna yaitu bisa jadi masker, bisa jadi iket kepala, bisa jadi penutup dahi, bisa jadi gelang-gelangan lucu, bisa jadi penutup mata maupun muka bahkan jadi syal ala ala. So buff ini bisa jadi pelengkap untuk persiapan hiking kamu.
Buff
Untuk kegunaan kaos kaki sama halnya seperti sarung tangan yaitu untuk melindungi kaki dari semak belukar dll serta penghangat juga tentunya. Sedangkan gaiter berfungsi untuk menahan gigitan ular atau gigitan binatang lainnya. Fungsi aslinya jika hujan air gak masuk ke bagian dalem sepatu. Fungsi lainnya lagi adalah biar pasir ndak masuk ke dalem sepatu.
Gaiter
Sedangkan topi tentunya untuk melindungi kepala dari panas terik matahari.

    7. Survival Kit & Alat Navigasi
Survival Kit & Navigasi
Perlengkapan ini digunakan pada keadaan darurat dan biasanya di tempatkan pada 1 wadah khusus dan sebisa mungkin ringkas dan selalu terbawa kemanapun dan dalam keadaan apapun selama kita di perjalanan.
Sebagai alat navigasi adalah kompas, sedangkan untuk survival kit antara lain Kaca cermin, Peniti, Jarum jahit , Benang nilon, Mata pancing dan senar pancing, Silet atau cutter atau Knife kit (pisau Serbaguna), Korek api dalam wadah waterproof dan lilin, Peluit dll.
Penjelasan singkat survival kit u/ hiking
    8. Lentera atau Senter
     Gunanya untuk penerangan, apabila kita melakukan pendakian pada malam hari dan untuk penerangan dalam tenda dimalam hari bawa juga batu baterai cadangan, bohlam cadangan serta lilin atau lampu kapal atau anti badai.
Senter
   9. Obat-Obatan Pribadi dan P3K
      Bagi yang mempunyai sakit tertentu jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi yaah dan P3K juga sangat penting untuk mengatasi keadaan yang tidak diduga seperti terkena duri, sengatan binatang, digigit ular dan lain – lain.
      Beberapa bahan atau peralatan P3K yang harus dibawa antara lain: Betadine, Kapas, Kain kassa, Perban, Rivanol, Alkohol 70%, Obat alergi: CTM, Obat maag, Tensoplast (agak banyak), Parasetamol, Antalgin, Obat sakit perut (diare): Norit, Diatab, Obat keracunan: Norit, Sunburn preventif: Niv*a atau Sunblock, Oralit (untuk mengganti cairan tubuh yang hilang; bisa diganti larutan gula-garam),serta perlengkapan untuk MCK meliputi: Tisu Basah, Haduk, Sabun, Sikat gigi, Odol dll.

   10. Batre Cadangan & Power Bank
      Bagi kamu yang gak bisa jauh dari gadget, narsis dan tongsis tentu kamu perlu bawa batre cadangan dan power bank untuk isi ulang daya gadget kamu. Gak asik kan pas ada view ciamik niat mau nge'abadiin pake hp eh hp nya lowbet, powerbank gak ada pula..ooh nooo #teriakdepantoak

b) Kelompok
    Maksud dari peralatan kelompok adalah peralatan yang bisa dipakai secara berkelompok jadi kamu gak perlu membawa perseorangan. Peralatan kelompok untuk hiking antara lain :
    1. Tenda
     Mengenai tenda yang harus diperhatikan adalah tenda yang dapat menahan hujan dan angin seperti Tenda doom yang dilengkapi cover dan ruangan inti, Untuk mendirikan tenda usahakan di tempat yang datar mendekati mata air jauh dari pohon – pohon yang kering dan menghadap jalan. Sedangkan kapasitas tergantung dengan ukuran tenda, jadi cukup disesuaikan saja untuk perkiraan butuh tenda berapa saat hiking nanti.
Tenda
   2. Perlengkapan Masak dan Makanan
      Perlengkapan masak yang di bawa harus praktis dan efisien seperti Nesting, kompor gas tabung, kompor paraffin, kompor sepritus. Sedangkan makanan yang dibawa harus makanan yang ringkas dan mudah dimasak seperti ransum tentara, mie, sarden, kornet, susu kaleng dan makanan lain yang banyak mengandung hidrat arang atau makanan yang banyak menghasilkan energi seperti coklat, gula merah dan madu. Jika di perkirakan ada rencana untuk berhenti lama di camp/shelter bisa juga membawa beras dan sayuran untuk menghilangi acara jenuh dengan memasak dan untuk kebutuhan kalori tubuh. Bawa juga piring plastik dan gelas atau cangkir yang terbuat dari plastik termasuk tempat minum selama perjalanan dan tisu sebagai pembersih tempat makan atau memasak untuk menghemat pemakaian air. 
Perlengkapan masak camping
   3. Matras/Karpet Lipat
    Matras sebagai alas tidur atau alas untuk berkumpul ria ala-ala saat hiking bisa dimasukkan sebagai peralatan kelompok yang bisa dibawa beberapa saja sesuai dengan kebutuhan dan disesuaikan dengan ukurannya juga yah.
Karpet Lipat
Itulah beberapa persiapan untuk hiking perdana menurut saya. Jadi makin semangat untuk merealisasikan hiking perdana saya di akhir januari 2015. Doanya yah semoga hiking perdana saya dan teman-teman lancar dan gak ada suatu hambatan.

Baca Juga : Gunung Cikuray 2821 MDPL via Pemancar (Memorablee !!!)

Bagi teman-teman yang terkendala dengan biaya untuk membeli semua peralatan hiking diatas, kamu bisa menyewa perlengkapan hiking di rental outdoor equipment yang pastinya lebih bersahabat dengan kantong kamu ^.~ . Berikut list tempat rental perlengkapan hiking untuk area DKI Jakarta yang telah saya rangkum :

1. Ace Venture (www.wisatagunung.com)
Hotline : 021-99034601 (Office Hour)
Mobile : 082122776607 (Office Hour)
Address : Jl. Lemahabang No.20 Cikarang Utara
Basecamp : Gg. Delima, Ps. Rebo, Jakarta

2. Rover Ourdoor (www.rover-outdoor.com)

SMS/Call    : 085 6295 1081 (CP : Iwunn)
WhatsApp   : 085 6295 1081
BBM PIN   : 7F3F9D86
Alamat  : Jl. Galur Sari Timur No. 80
Kelurahan Utan Kayu Selatan, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur.
(kampus Universitas Islam Jakarta - UIJ ke arah selatan kira-kira 500 m)

3.Lentera outdoor (www.lenteraoutdoor.blogspot.com)

Jl. Raya Penggilingan Kec. Cakung Kel. Penggilingan RT 013/007 no 134
087775500217

4. Kedai Shelter
Gang Asem Rt: 012/02 No.3 Kel: Marunda Keca: Cilincing, Jakarta Utara. 
'085868544460

5. Rafa d'oRange adventuRe

Jl Bumi Indah No 17 Kebon Jeruk 
08561239288

6. Bunglon Outdoor (www.bunglon-outdoor.com)

Jalan Tegal Parang Utara - Mampang Prapatan
Belakang Tukang Layangan Oman, Masjid Arryadh)
HP. 0838 0844 1506
PIN BB :  29E6E3C3

7. Jakarta outdoor (www.jakartaoutdoor.com)

jl mawar 5, blok  A19  perum PJMI, Bintaro

Thanks for reading my blog :D ^.^/



(Sumber : Dari Berbagai Sumber)

3 comments:
Write komentar
  1. AnonymousMay 03, 2016

    kalo mau nyari sepatu safety yang berkualitas disini tempatya gan
    www.safetyshoes.co.id :))

    ReplyDelete
  2. Terimakasih, utk Bunglon Outdoor nomor contactnya ane udah ganti Boss, utk booking dan tanya2 silahkan hubungi +628998264188 baik telp/sms atau WhatsApp bisa ke nomor tersebut atau bagi yg ada Line bisa add @dhl2546b

    ReplyDelete