Beli Tiket Itu MUDAH !

Finally bisa update blog kesayangan saya ini..diburu deadline kerja plus ngurusin trip 'n bersosialita lumayan menguras waktu saya hingga belum sempat untuk nge-blog lagi #ceritanyacurcol ^o^
Well, saya ingin berbagi info atau bisa disebut tips atau bisa disebut juga SOP hanya yang terakhir ini bahasanya terlalu mainstream..hahaaa.
Naaah..sesuai judul postingan, saya ingin berbagi info mengenai cara membeli tiket kereta api via online. Teman2 yang sudah tau bisa skip membaca postingan ini, heheee. Saya membuat postingan ini karena ternyata oh ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui cara membeli tiket dan masih mempunyai mindset "ribet ahh beli tiket, ke stasiun dulu, antri and bla bla bla" . Hellooo...sudah 2014 cuyy, sekarang PT KAI sudah memberi banyak kemudahan dalam pemesanan tiket yaitu bisa dibeli via online dan via channel eksternal (indomaret,alfamaret dll), gak pake ribet, gak pake antri and gak pake panas2an... :P

Berikut langkah2 pembelian tiket KAI via Online :
1.Silakan kunjungi website online tiket kai, atau bisa klik disini.
2.Pilihlah tanggal keberangkatan, stasiun asal (keberangkatan). stasiun tujuan, dan jumlah penumpang kemudian klik tampilkan untuk melihat jadwal kereta. 
Pemesanan tiket kereta ini sudah bisa dilakukan di H-90 atau 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan.
3. Klik Booking dengan latar background orange di jadwal yang ingin anda pilih. Sebagai contoh saya memilih kereta matarmaja dengan jadwal keberangkatan Jam 15:15 Tanggal 23 Desember 2014.

4. Akan muncul informasi reservasi kereta api, centang di kolom syarat dan ketentuan reservasi kemudian klik Lanjutkan.
5. Isi data pada kolom yang telah disediakan dan disesuaikan dengan identitas calon penumpang. Setelah lengkap diisi jangan lupa ketik kode pada angka di gambar dan kemudian klik Selanjutnya. Pengisian data ini diberi waktu maksimal 5 menit, jadi jika anda melewati batas waktu tsb maka website akan otomatis merestart dan anda harus mengulang dari awal.
6. Detail info perjalanan, info penumpang, harga dan tipe pembayaran akan muncul. Sebelum ke tahap selanjutnya jangan lupa untuk cek ulang data penumpang, kereta dan tujuan sekali lagi, setelah dirasa oke silakan anda pilih tipe pembayaran yang akan anda lakukan. kemudian klik Selanjutnya untuk melakukan reservasi.
Tahap ini juga diberi batas waktu maksimal 5 menit.
Di tahap no.6 ini anda bisa memakai opsi Pindah untuk melihat posisi tempat duduk serta pindah ke tempat duduk lain yang masih kosong. Anda akan melihat gambar kereta nampak dari depan dan tulisan 1-8, angka menunjukkan no. gerbong anda.

Lihat gambar dibawah ini, warna ungu adalah posisi tempat duduk anda saat ini, warna merah adalah tempat duduk yang sudah dibooked oleh penumpang lain sedangkan warna abu2 tua adalah tempat duduk yang masih kosong dan jika anda ingin pindah tempat duduk, anda bisa klik pada kotak warna abu2 tua dan tunggu hingga keluar notif bahwa anda berhasil pindah tempat duduk.
 
7. Lakukan pembayaran sesuai dengan kode pembayaran anda. Jika anda memilih opsi pembayaran melalui ATM, silakan anda ke ATM terdekat dan memilih opsi pembayaran--> tiket kereta api --> masukkan kode pembayaran. Untuk menu tsb tidak sama setiap bank jadi disesuaikan saja yaah :)
Setelah melakukan pembayaran jeda beberapa jam anda akan menerima e-ticket via email berisi no. transaksi , kode pembayaran serta detail reservasi selanjutnya bisa digunakan untuk print tiket asli anda di stasiun terdekat. 

*Catatan penting : perhatikan batas waktu pembayaran anda, lakukan pembayaran sebelum batas waktu yang ditentukan. Jika anda melebihi batas waktu maka reservasi anda akan otomatis dibatalkan dan anda harus melakukan reservasi ulang.
8. Print tiket asli di stasiun terdekat yaitu dengan memasukkan  no. transaksi serta kode pembayaran di mesin print tiket yang telah disediakan. Untuk print tiket asli bisa dilakukan pada saat hari keberangkatan, jika saya pribadi lebih prepare H-1 maksimal tiket asli sudah ditangan.. ^.^

9. Selesai dan selamat mencoba 

Sayangnya pemesanan tiket kereta api ini hanya bisa dipesan untuk sekali jalan dan maksimal sekali pemesanan adalah 4 orang. Semoga kedepannya PT KAI menyediakan opsi pemesanan tiket PP dan kuota jumlah penumpang untuk sekali reservasi bisa ditambah lagi...heheee

Cya on my next info yaah ^o^

No comments:
Write komentar