Ez-link Card, STP dan Standard Ticket

EZ-Link Card adalah kartu e-money yang digunakan untuk pembayaran MRT, LRT, bus, dan beberapa outlet lainnya (contoh Sentosa Island). Kalau di Indonesia, semacam kartu BCA Flash atau Mandiri e-Toll Card. Dengan kartu ini anda dapat melakukan pembayaran secara cepat dengan cara men-tap (mendekatkan kartu) di dekat mesin.
Tampak dari depan
Tampak dari belakang
Tempat Membeli EZ-Link
Anda dapat membeli EZ-Link card di stasiun-stasiun MRT, di bagian ticket office. Bila tidak ada ticket office atau tutup ticket office-nya, anda dapat bertanya kepada petugas di dalam ruang kaca apakah bisa beli di situ. Kartu ini juga dijual di kios-kios 7-Eleven yang tersebar di Singapura.

Baca Juga : Backpacker ke Singapore Ala Rara 3D2N (Persiapan)

Harga EZ-Link
Bila anda beli di stasiun MRT kartu ini harganya adalah $12, yang berisi uang $7. Sisanya sebesar $5 adalah harga kartu-nya yang tidak dapat dikembalikan. Kartu ini dapat anda simpan, dan dapat dipakai lagi bila anda kembali lagi ke Singapura, selama 5 tahun. Anda dapat melakukan top-up di mesin-mesin tiket yang ada di stasiun MRT. Anda juga bisa melakukan top up di kios 7-Eleven, namun ada tambahan biayanya.

Cara Penggunaan EZ-Link
Setelah anda mendapatkan kartu ini, anda dapat mengecek isi uang di dalamnya di mesin tiket yang ada di stasiun. Bila dirasa kurang, anda bisa men-topup nya di mesin itu juga. Bila anda dua hari di Singapura mungkin perlu menambah $10 ke dalam kartu anda. Bila isi kartu kurang dari $3, kartu anda tidak dapat digunakan. Penggunaannya sederhana, sebelum naik bus atau masuk gerbang stasiun MRT anda cukup men-tap kartu ke mesin yang telah disediakan. Pada saat turun dari bus atau keluar gerbang stasiun MRT, anda wajib men-tap sekali lagi agar biaya perjalanan dihitung sempurna.

Baca Juga : Backpacker ke Singapore Ala Rara Hari Pertama

Cara Topup EZ-Link
Anda dapat topup up kartu anda di berbagai tempat seperti mesin tiket, 7 Eleven, ATM, dll. Yang paling mudah dan murah adalah menggunakan mesin tiketing yang ada di setiap stasiun MRT.
Berikut langkah-langkah melakukan top up di general ticketing machine (GTM):
General Ticketing Machine (GTM)
1. Letakkan kartu di tempat kartu bagian tengah (tempat kartu yang letaknya agak menjorok)
2. Di bagian kiri bawah, ada monitor layar sentuh pilih Add Value > Cash
Option ezlink card
 3. Kemudian masukkan uang anda (uang kertas yang dari plastik) nominal $10, $20, atau $50, ke dalam lubang uang kertas di kanan atas
Masukkan uang kertas atau koin sesuai nominal
 4. Pastikan kartunya sudah terisi uang, jangan angkat kartu sebelum ada tulisan boleh mengambil kartu
Notifikasi Top Up Success

Apa beda EZ-Link dengan Singapore Tourist Pass (STP)?
Singapore Tourist Pass (STP) dan EZ-Link adalah kartu pembayaran yang dikeluarkan oleh perusahaan yang sama. STP didesain untuk turis yang tinggal hanya 1-3 hari saja. STP juga dapat ditopup sebagaimana EZ-Link. Singapore Tourist Pass (STP) adalah kartu pass yang bisa anda gunakan untuk menaiki transportasi umum di Singapura secara tak terbatas (unlimited) . Anda cukup membeli kartu ini, dan anda bisa naik angkutan umum MRT, LRT serta bus berulang kali tanpa membayar lagi.

Harga Singapore Tourist Pass
Anda bisa membeli kartu STP ini di counter-nya langsung atau pesan lewat internet.



1 Day Pass $10
2 Day Pass $16
3 Day Pass $20
Pembelian STP di counter menggunakan sistem sewa kartu. Anda harus mendepositkan uang $10, yang akan dikembalikan ketika anda mengembalikan kartu STP. Jadi pada saat beli di counter ada tambahan $10 sebagai uang deposit atau sewa kartu. Bila dalam 5 hari anda mengembalikan kartu tersebut, maka uang $10 bisa anda ambil. Bila tidak dikembalikan, maka kartu menjadi milik anda dan dapat diisi ulang seperti kartu EZ-Link biasa.

Baca Juga : Backpacker ke Singapore Ala Rara Hari Ketiga (Shocking Day)

Tempat Beli Singapore Tourist Pass
Hanya counter-counter tertentu saja yang melayani penjualan STP. Tidak semua stasiun menyediakan kartu ini. Jadi hanya di counter-counter ini anda bisa membelinya:
Changi Airport 12:00 pm – 03:45 pm
& 04:45 pm – 07:30 pm Daily
Orchard 10:00 am – 09:00 pm Daily
Chinatown 12:00 pm – 03:45 pm
& 04:45 pm – 07:30 pm Daily
City Hall 09:00 am – 09:00 pm Daily
Raffles Place 08:00 am – 09:00 pm on Weekdays
08:00 am – 05:00 pm on Saturday
Closed on Sundays and Public Holidays
Ang Mo Kio 08:00 am – 09:00 pm Daily
HarbourFront 10:00 am – 09:00 pm Daily
Bugis 10:00 am – 09:00 pm Daily

Kartu STP Kadaluarsa
Durasi kartu STP dihitung dari anda beli kartu, sampai transportasi umum tutup tengah malam. Jadi bila pada pukul 16.00  anda beli 1 Day Pass, maka kartu anda valid dari pukul 16.00 sampai tengah malam pada hari itu juga.

Bila kartu anda expired, maka anda dapat membeli lagi kartu di counter-counter di atas. Kartu yang sudah lewat 5 hari dari tanggal pembelian tidak dapat dikembalikan lagi deposit uangnya.
Bila anda tidak mau membeli lagi, anda bisa melakukan top-up di mesin-mesin tiket sebagaimana kartu EZ-Link.

Cara menggunakan Singapore Tourist Pass
Selama masih berlaku, penggunaan STP sama seperti kartu EZ-Link. Anda tinggal men-tap kartu ke mesin sebelum anda memasuki stasiun atau bus. Pada saat keluar stasiun atau bus anda wajib men-tap kartu lagi agar biayanya dihitung sempurna.
  
Standard Ticket MRT
Jika anda merasa lebih suka menggunakan tiket standart selama traveling di singapura, anda bisa membeli standard tiket ini melalui GTM yang tersedia di semua station2 MRT. Untuk cara penggunaan sama seperti Ez-link card dan STP. Standart tiket ini juga bisa ditop up sama halnya dengan Ez-link card dan STP dengan ketentuan 6 kali pemakaian selama 30 hari sejak pembelian tiket. Lebih dari itu anda harus membeli standard ticket lagi.

Cara Membeli Standard Ticket Melalui GTM

Standard ticket ini bisa anda beli melalui GTM (General Ticketing Machine) yang berada di setiap station2 MRT. Berikut cara membeli standard ticket melalui GTM :
1. Pada layar sentuh GTM pilih buy standard ticket.
2. Pilih rute perjalanan anda misal anda berada di Kallang MRT dan ingin menuju ke Changi Airport cukup perbesar peta MRT dan pilih Kallang MRT dan Changi Airport.
3. GTM akan kalkulasi biaya tiket perjalanan anda untuk rute yang anda pilih, masukkan uang koin atau plastik sesuai nominal biaya yang ditampilkan. Jika anda tidak punya uang pas, tidak apa2 karena GTM akan otomatis mengeluarkan kembalian.
4. Menunggu notifikasi bahwa pembayaran berhasil, dan standard ticket akan keluar yaitu terletak diatas tempat kartu.
5. Standard tiket sudah bisa anda gunakan.

Itulah beberapa info mengenai Ez-link, STP dan Standard Ticket. Artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi dan berbagai sumber (google). Ikuti my next info yah ^o^

7 comments:
Write komentar
  1. Terima kasih penjelasan nya :)
    Saya terbantu sekali.


    Buleipotan.com

    ReplyDelete
  2. Hai mau nanya, klo pake kartu standar mrt apa bisa ditop up untuk masuk ke USS?

    ReplyDelete
  3. Kapan standar tiket sudah di top up, penggunaan nya sama dgn ezlink ya? Pada pemakaian ke 2 , kalo dah di top up ,langsung di tap aja ,kalo mau naik mrt?

    ReplyDelete
  4. Klo saldo stp, apa bs dicek seperti ez link? Sisa saldo bisa direfund kembali seperti deposito?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya :) kalo STP ga ada saldonya, jd kita bayar sekian dollar itu kita udah unlimited naik MRT dan bis, berlaku hingga jam 12 malam.

      Delete
  5. Klo saldo stp, apa bs dicek seperti ez link? Sisa saldo bisa direfund kembali seperti deposito?

    ReplyDelete
  6. Stp apakah bisa untuk naik LRT ke pulau Sentosa?

    ReplyDelete