Backpacker ke Singapore ala Rara, Hari Ketiga (Shocking Day)

Di hari ketiga ini tentunya packing2 dan siap2 balik ke indo, flight schedule jam 10.00 am waktu setempat. Sebelum check out, kita breakfast dulu dan diajak foto2 dengan joyfor backpacker team plus bawa bendera indonesia so fotonya ala2 kita sampai puncak gunung gitu ..hahaa. Sisanya hanya 7 orang karna sebagian sudah ke indo duluan dengan penerbangan pagi.
Dari kiri : Ade, Delia, Gian, Rara, Irwan, Zai, Selly, JB Team
Dari hostel jam setengah 9, naik MRT menuju tanah merah dan naik lagi ke arah Changi Airport terminal 2 untuk langsung cuss ke counter tiger air. And did you know ? sampai di counter tiger air sekitar jam 09.12 am dan kita direject alias di tolak mentah2 untuk boarding....double whaaaat :O whaaaatt :O , padahal pesawat juga belum dateng, boarding dan imigrasi juga gak terlalu lama makan waktu..Singkat cerita kita semua shock/depresi/kecewa/sedih dan entah bahasa apa lagi yang bisa diungkapin untuk mengekspresikan perasaan waktu itu.. T_T Intinya kita gak bisa pulang ke indooo...huwaaaaaa T_T #nangishisteris

Tenaaang..tenaaangg...saya coba menghibur diri sendiri menerima kenyataan pait yang ada (*halaah bahasanya -_-' sudah mulai drama gini saya :D ). Diambil hal positifnya, untuk next time harus prepare 2 jam jika perlu 3 jam sebelumnya sudah absen di counter maskapai terkait apalagi jika anda di negara lain. Well..tiket balik indo hangus, akhirnya saya dan ade coba mencari penerbangan di hari yang sama di maskapai lainnya dan juga coba cari wi-fi untuk lihat harga tiket balik singapore-jkt via online. Sebelumnya saya, zai, delia, selly, gian, ade mengumpulkan uang seadanya yang ada dikantong kami sambil duduk melingkar ala2 konferensi tanpa meja bundar dan lesehan di changi airport dan sudah gak peduli thd semua orang lalu lalang yang perhatikan kami (*secara kita lesehan deket pintu keluar masuk cyiin -_-'). Dan terkumpul 320 SGD ber enam.

Dari muter2 terminal 2 ke terminal 1 lanjut terminal 3 dan balik ke terminal 2. Harga tiket hari itu dan hari keesokannya jika dirupiahkan sekitar 3-4 juta (*paling murah)... Double whaaaat :O whaaaatt :O. Saya juga check via online, memang harga semua sekitar segitu...OMG..T_T gak bisa pulaaaaang....mulai dewh berkaca-kaca nie mata. Finally saya balik ke rombongan dan ngabarin hasil muter2 dari counter ke counter and online check. Pihak tiger air memberi alternatif untuk mengubah schedule penerbangan kita ke esok hari dan masing2 orang harus membayar 70 SGD cash (cash pula!!) untuk fee perubahan jadwal. Astagfirullah...uang kita gak nyukup, masih perlu 100 SGD lagi. huwaaaa...bakal dideportasi nie T_T (*otak sudah mulai mikir aneh2). Untungnya gian ada uang 100 USD dan di tukar ke SGD finally kita bisa beli tiket untuk penerbangan besok pagi.
E ticket hangus, paspor dan uang u/ beli tiket pulang ber-6
Well...daripada kita illfeel dan inget terus tentang kejadian yang buat saya dan teman2 depresi plus kecewa pake banget. Saya dan teman2 akhirnya explore sing lagi untuk menghibur diri. Karena bawaan banyak kami putuskan untuk menitipkan barang2 di left baggage di lantai 2 terminal 1 Changi airport dengan biaya penitipan 3.2 SGD per ransel selama 24 jam. Lanjut bolang ke Singapore Botanic Gardens, menggunakan MRT dengan lama perjalanan sekitar 35 menit.
Singapore Botanic Gardens
Dari kiri : Delia, Ra2, Selly at SBG
Barang bawaan ber-6
Meski kecewa blm bs pulang, harus tetep narsis dunk at SBG ^_^
Sebenarnya setelah dari SBG rencana mau mampir ke Japanese dan Chinese Garden tapi karena temanya sama2 "garden" dan cuaca sedang panas membara so kita urungkan. Sekitar jam 15.00 lanjut ke bugis untuk makan nasi lemak, jika makan entah kenapa saya lebih suka di bugis karena makananya enak, halal dan sudah hafal tempatnya so daripada wasting time kita cari2 tempat makan yang gak jelas jadinya ke bugis lagi dewh :D . Nama makanannya nasi lemak, enak looh...wajib cobain jika anda ke singapore. Harga 2.60 SGD terjangkau kaan..dan nama tempat makannya Qiji. Saya beli 2 nasi lemak, 1 untuk dimakan ditempat dan satunya lagi untuk take away dan dimakan di airport nanti. Well..karena saya dan teman2 sudah tidak ada uang, untuk malamnya kami menginap di Changi Airport jadi harus siap2 makanan u/ makan malam.
Nasi Lemak at Qiji-Bugis
Setelah kenyang makan, next lanjut ke marina bay sands untuk nonton wonderful light show kedua kalinya dan saya gak akan pernah bosan menonton show tersebut . Apalagi saat lagu what a wonderful world diputar..ahh..so romantic guys >.< Rencana ingin ke garden by the bay tapi diurungkan karena jalan kakinya lumayan jika dari the shoppies. Alhasil kita wi-fi in, update status sambil menunggu wonderful light show jam 21.30. Dan kita nonton wonderful light show untuk ketiga kalinya...hahaaa...^o^ . Terjadi evolusi saat kita nonton pertunjukan tsb, pertama kali nonton sibuk foto&video-in wonderful light show, kedua kali nonton video-in bagian yang sebelumnya gak terecord dan sisanya menikmati pertunjukan dan ketiga kali nonton menikmati pertunjukan full live dan nikmati suasana sekitar, untuk anda yang punya pasangan wajib diajak kesini yak. Catet !
at marina bay sands, hari ke 3
Setelah pertunjukan berakhir, saya dan teman2 balik ke Changi Airport. Oiya, deposit ezlink card habis jadi saya beli tiket biasa dari bugis-bayfront dan bayfront-changi harga 1.76 SGD dan 2.50 SGD. Untuk cara top up dan beli tiket MRT nanti akan saya share di title yang berbeda. So saya sarankan anda beli STP saja jika sering menggunakan MRT selama 2-3 hari di singapore.

Untuk menginap di changi airport boleh saja, saya sarankan ke terminal 1 jika anda ingin menginap di Changi. Karena disana tempatnya lebih leluasa bahkan bisa selonjoran di kursi meski rasanya tetep berbeda dengan anda tidur di kasur dan juga jarang ada patroli. Pengalaman saya lihat di terminal 2, ada orang tidur sambil duduk di pojokan tiang saja sudah ditegur patroli keamanan bandara setempat mungkin karena terminal 2 sebagai centre dari changi airport (tapi ini pemikiran saya sie :) ). Dari terminal 2 ke terminal 1 menggunakan skytrain, skytrain ini beroperasi dari jam 05.00-02.30. Dan jika anda rencana backpacker dan menginap di changi bawalah jaket, inget! jika perlu jaket yang tuebel yak...karena diatas jam 00.00 anda akan merasa berada di kutub selatan, dinginnya ampuun dawh..gak nahaaan...^o^

Anda juga bisa tour changi airport, karena di changi banyak sekali spot2 yang bagus untuk narsis2..heheee. Singkat cerita, saya dan teman2 keesokan harinya balik jakarta dengan selamat..Alhamdulillah.
Boarding pass tujuan Jakarta
Pengeluaran backpacker ke Singapore ala Rara, hari ketiga :
Biaya kekurangan Tiket Pesawat             30    SGD
Makan  2x + minum                                  6.4 SGD
Tiket MRT                                                 4.2 SGD
Biaya titip barang                                      3.2 SGD
   Total                                                      43.8 SGD

Ikuti my next stories ya....^o^