Memperkenalkan Prestashop 1.6.01

Bagi para ahli web design specially design online shop pasti tidak asing dengan kata "Prestashop" atau teman2nya seperti Opencart, Magento, E-Commerce dll. Prestashop adalah aplikasi web open-source yang digunakan untuk membangun toko online. PrestaShop ini dapat didownload secara gratis dan tidak dikenakan biaya apapun. Untuk download prestashop klik disini

Saya sebagai online shop owner (*side job), mau tidak mau saya harus belajar mengenai web, cms, css, hosting dsb. Jika tidak mau repot kita bisa memakai jasa untuk membuat web online shop tsb tetapi saya memilih untuk belajar otodidak berguru mbah google, karena bagi saya proses membangun sesuatu dari hal yang belum pernah kita mengerti sebelumnya sangat menarik dan membuat saya ingin tahu lebih banyak lagi.

Berbagi cerita sedikit tentang side job saya ini, berawal dari inspirasi seorang teman yang sudah berpengalaman kemudian saya coba untuk mengikuti jejak2nya (*bukan mencari jejak ya!). Pertama berjualan online di area kantor via email dan grup bbm, berlanjut berjualan di facebook, hingga akhirnya saya memberanikan diri membuat domain untuk web online shop saya. Alhamdulillah sudah berjalan secara aktif sekitar dua tahun ini. Tapi mulai memasuki tahun 2014 ini saya mulai kurang aktif berjualan online, selain karena pekerjaan juga karena penyakit malas saya..hehe (*don't tiru ya!)

Alasan lain karena aplikasi open-source untuk web online shop sering lola (*loading lama). Dan saya sering gonta ganti platform dari opencart, prestashop, wordpress, jadi malah sibuk otak-atik web online dan belum bisa mulai jualan -_-' . Meskipun saya juga berjualan melalui tokobagus, berniaga, bukalapak, Qoo10 dll, saya tetap menginginkan agar web online saya bisa diakses siapa saja terutama para customer langganan saya.

Dari semua aplikasi web open-source saya lebih suka memakai prestashop dibanding opencart ataupun wordpress. Selain SEO friendly, prestashop penerapannya lebih mudah dipahami, cocok bagi orang awam seperti saya. Nah..prestashop ini ada 3 versi, saya sudah mencoba ketiganya. Pertama versi 1.4.11 , kedua versi 1.5.x dan versi terbaru 1.6.01. Masalahnya setiap upgrade versi kita harus otak atik lagi webnya...#capedewh -_-'

Finally ada suara bergejolak dari hati saya (*ahay) untuk menekuni side job saya lagi, apalagi saya ada rencana mau backpackeran ke Kuala Lumpur-Bangkok awal tahun 2015.. :D . Lumayan kan untuk tambah-tambah uang saku. Dengan pertimbangan yang lama, saya putuskan untuk menggunakan prestashop 1.6.01 di web online shop saya dan mulai fokus otak atik prestashop versi terbaru ini.
Front Office Prestashop 1.6.01
Tampilan Dashboard Prestashop 1.6.01
Untuk tampilan front office prestashop versi 1.6.01 menurut saya sudah cukup bagus meski kurang stabil. Selain itu untuk modul prestashop versi ini belum banyak, benar2 harus berusaha keras untuk obrak-abrik(*edit) semuanya. Di bagian back officenya (*alias dasboard) , saya masih mempelajari karena tampilan sangat jauh berbeda dengan versi-versi sebelumnya dimana pilihan tools horizontal diatas dan versi ini dibuat vertikal disamping kiri.

Mohon doa restunya (*uda kayak mau nikahan ajje :P ) , semoga project pembuatan web online shop saya lancar...Amien. Ikuti kisah project saya berikutnya ya ^o^

No comments:
Write komentar