Backpacker ke Karimunjawa Ala Rara 4D3N (Persiapan)

Well, Karimunjawa...pulau eksotis satu ini adalah tujuan backpacker saya selanjutnya. Mengapa saya pilih Karimunjawa ? ada beberapa alasan antara lain budget minimalis, waktu tempuh dari jakarta tidak terlalu memakan waktu, dan banyak story dari mastah backpacker lain yang membuat saya penasaran dan ngiler untuk segera berkunjung kesana... :D
Karimun Jawa
Persiapan yang saya lakukan dan sekaligus bisa dijadikan sebagai tips untuk teman-teman antara lain sebagai berikut :

1. Tentukan Waktu dan Berapa Lama
    Jika anda ingin pergi ke Karimunjawa, tentukan waktu jauh-jauh hari dan akan berapa lama disana. Sebagai contoh saya sendiri, mempersiapkan backpacker ini 5 bulan sebelum hari H (lama amat yak :D ). Pertimbangan saya antara lain untuk pengajuan cuti ke atasan (bagi karyawan), jeda waktu bisa untuk nabung, dan mengumpulkan teman2 untuk kesana. Tambahan perlu juga untuk mempertimbangan cuaca, waktu yang disarankan untuk ke Karimunjawa : Juni hingga awal Agustus dan pertengahan September hingga awal Desember yaitu saat ombak sedang tenang.

Baca Juga : Backpacker ke Karimunjawa Ala Rara Hari Pertama (Perjalanan)

Dari kalender akhirnya saya pilih tanggal 26-30 September 2014, dengan detail 26 Sept. mulai berangkat dari Jakarta, 27-29 Sept. full explore Karimunjawa dan 30 Sept. balik ke Jakarta. Perencanaan berapa lama disana juga perlu ditentukan jauh-jauh hari agar management waktu  lebih terukur (*ciyeee bahasana..hehe )

2. Cari Tau Rute & Transportasi ke Lokasi
      Poin ini juga penting karena bisa mempengaruhi budget dan lama perjalanan anda. Ada beberapa pilihan menuju ke Karimunjawa (start dari jakarta) antara lain :
a. Jalur Udara
    Naik pesawat dengan tujuan semarang, di semarang lanjut ke terminal terboyo naik bus jurusan Jepara atau alternatif lain dari bandara menuju Pelabuhan Tanjung Emas lanjut ke karimunjawa.
b. Jalur Darat
     Untuk jalur darat bisa dengan Kereta Api atau Bus. Menggunakan kereta api turun di stasiun Tawang dan lanjut menuju pelabuhan Tanjung Emas atau ke Jepara dulu dan lanjut ke karimunjawa. Sedangkan menggunakan Bus yaitu naik Bus jurusan Jakarta-Jepara, dan kemudian ke karimunjawa.

Baca Juga : Backpacker ke Karimunjawa Ala Rara Hari Kedua

Dari beberapa pilihan transportasi dan rute menuju ke karimunjawa, pilihlah satu agar lebih fokus, dan siapkan rencana cadangan jika saat hari H terjadi kesalahan teknis atau ada hal-hal yang tidak terduga. Untuk saya sendiri memilih jalur transportasi terpendek dan terjangkau...hehe yaitu menggunakan bus jurusan jakarta-jepara dari terminal rawamangun dan dari jepara ke pelabuhan naik becak (*share cost, jalan kaki juga bisa klo mau :D), lanjut naik kapal nyebrang ke karimunjawa and sampailah di karimun jawa ^.^//

Tambahan informasi, transportasi kapal dari semarang-karimun jawa dan jepara-karimunjawa mempunyai jadwal so anda harus berada dipelabuhan minimal 1 jam sebelum jadwal keberangkatan, lebih bagus jika 2 jam sebelum sudah standby di pelabuhan karena terkadang saat ramai anda harus mengantri untuk dapat tiket. Lebih bagus jika anda sudah pesen tiket saat anda di jakarta supaya tidak kehabisan tiket di hari H.
Jadwal Kapal ke Karimunjawa (Update Januari 2014)
3. Booking Penginapan 
    Selanjutnya adalah dimana anda akan tinggal selama disana. Untuk karimunjawa harga penginapan atau hotel bervariasi dari Rp. 70.000/mlm - Rp. 160.000/mlm. Anda bisa pilih ingin menginap dimana, sayangnya untuk booking hotel secara online di wilayah karimunjawa jarang sekali jadi anda harus mempunyai no. telepon alias contact person untuk melakukan booking penginapan selama disana. Untuk saya sendiri rencana akan menginap di Wisma Apung (*hotel di atas air di karimunjawa), karena meskipun harga penginapan lebih mahal, saya ingin merasakan kepuasaan tersendiri menginap diatas laut...xoxo ^.^

4. Buat Itinerary / Rencana Perjalanan
      Untuk poin ini wajib dilakukan bagi para backpacker yang akan berkelana. Why ? karena jika sudah memiliki itinerary akan mempermudah dan membuat kita lebih fokus saat berpetualang. Sebagai pengecualian jika anda ikut paket tour atau wisata, karena biasanya untuk itinerary sudah dibuat oleh agen tour, kelebihan lain poin 3 juga sudah disiapkan oleh agen tour tsb. Perbedaannya terletak di budget anda  tentunya :)

Baca Juga : Backpacker ke Karimunjawa Ala Rara Hari Ketiga (Snorkeling+Hoping Island Part 1)

Saya masih gamang antara mau ikut paket wisata atau ngebolang tanpa agen tour. Meski begitu, itinerary tetap saya buat sebagai gambaran saat disana. Kurang lebih itin saya sebagai berikut :

Itinerary untuk 4D3N, Karimunjawa :
Tanggal 26 september 2014 :
Berangkat dari Jakarta atau kota masing-masing
Meeting point Tanggal 27 Sept 2014 Pelabuhann Kartini Jepara Jam 06.00 AM.

Tanggal 27 Sept 2014 :
08.00-11.00 : Menyebrang ke pulau karimun jawa
11.00-11.20 : ke homestay/hotel
12.00-00.00 : berenang, jalan2 ke alun2, liat sunset, acara bebas dan istirahat

Tanggal 28 Sept. 2014 :
06.00-07.00 : sarapan
07.00-07.30 : ke dermaga kecil
08.00-17.30 : snorkling , main air , berenang, narsis, dll
Pulau tujuan 1 :
Pulau Menjangan Besar
Pulau Menjangan Kecil
Pulau Cemara Besar
Ujung Gelam
Spot Gosong
Pulau Galean (Optional)
17.30-00.00 : Liat sunset, jalan2 ke alun2, narsis , acara bebas dan istirahat

Tanggal 29 Sept. 2014 :
06.00-07.00 : sarapan
07.00-07.30 : ke dermaga kecil
08.00-17.30 : snorkling , main air , berenang, narsis, dll
Pulau tujuan 2 :
Pulau Tengah
Pulau Kecil
Pulau Gosong
Pulau Sintong (Optional)
17.30-00.00 : Liat sunset, jalan2 ke alun2, narsis , acara bebas dan istirahat

Tanggal 30 sept 2014
08.00 start from karimun to destinasi masing2
Cya in next trip ala rara...salam mbolang gaiss ^o^

NB : Untuk snorkling biasanya disesuaikan dengan cuaca dan rombongan kapal :)

5. Persiapan Biaya 

    Nah..yang ini wajib pake banget. Percuma sudah melakukan poin 1-4 jika poin 5 ini tidak terpenuhi...ujung-ujungnya malah gatot alias gagal total...hehe >.< . Dari semua yang telah dipersiapkan (*4 poin sebelumnya) kita bisa memperkirakan berapa biaya yang dibutuhkan. Selama spare time kita bisa menabung untuk merealisasikan rencana tersebut. Dan tentunya harus membawa uang berlebih dari budget takutnya mata kita gatel dan pengen ini itu...harus dikontrol dan disesuaikan dengan kantong yak :D

6. Persiapan Pendukung 
     Meskipun hanya pendukung tapi mengambil peran penting selama perjalanan kita nanti. Persiapan pendukung ini seperti obat-obatan, jaket/sweater, sun block, powerbank, kebutuhan pribadi dan untuk snorkling jangan lupa bawa tempat hp anti air supaya anda bisa bernarsis ria dalam air dan mendokumentasikan keindahan dalam laut.

Baca Juga : Backpacker ke Karimunjawa Ala Rara Hari Keempat (Snorkeling+Hoping Island Part 2)

Itulah beberapa persiapan/tips untuk backpacker ke karimunjawa. Semoga bermanfaat dan ikuti my next trip stories ya ^o^

Salam Mbolang   

2 comments:
Write komentar
  1. Point 1 - 6 kayaknya yang paling berat point 5 kak,,, hehehe,,,, giliran uang udah ada, tapi keinginan beli ini itu selalu ada,,,, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaaa...bner nis..apalgi buat kaum hawa..banyak godaan berdatangan T_T

      Delete