Backpacker ke Bandung ala Rara, Hari Kedua

Hari kedua dibandung saya sewa mobil+supir (*sbg guide juga) selama 16 jam untuk explore kota bandung. Itinerary hari kedua : Kawah Putih, Kebun Teh, Situ Patengan, Cibaduyut dan Dago. Supir merangkap guide kita bernama Pak Dedi, orangnya welcome banget. Berikut my trip stories @bandung di hari kedua :

1. Kawah Putih

    Perjalanan dari hotel ke kawah putih sekitar 1 jam 30 menit. Saya berangkat dari hotel jam 07.00 am dan lalu lintas lancar mungkin karena kita berangkat pagi-pagi. So tips buat anda yang ingin ke kawah putih saat musim liburan panjang : berangkatlah pagi-pagi :D . Pak Dedi hanya mengantar kita sampai area parkir bawah, untuk parkir mobil di atas harus membayar biaya tambahan Rp 150.000,-. Sebenarnya bukan karena biaya tambahan tsb kita berhenti di parkir bawah, tetapi karena kita ingin naik "ontang-anting" . Ontang-anting adalah sejenis angkot dengan bagian kanan dan kiri terbuka khusus untuk ke kawah putih, serunya naik ontang anting itu seperti kita naik wahana ontang anting didufan...hehe. Jalan menuju area kawah putih naik turun dan berliku-liku, gimana jadinya jika anda melewati jalan tersebut dengan kanan kiri terbuka dan kecepatan tinggi....seru dawh :D . Anda wajib naik ontang anting ini jika anda berwisata ke kawah putih. Biaya naik ontang-anting dan tiket PP Rp. 28.000,-/orang .
Ontang-anting untuk ke kawah putih
Sesampainya di area parkir atas kawah putih, kita harus melalui jalan setapak sekitar 100 m untuk ke lokasi kawah putihnya. Disini akan banyak orang berjualan masker dan merekomendasikan kita agar memakai masker di area kawah putih karena bau belerang yang sangat menyengat bisa mengganggu kesehatan. Saya sendiri tidak memakai karena menurut saya bau belerang di kawah putih saat itu tidak begitu menyengat kog tapi bagi anda yang sensitif atau untuk menghindari gangguan kesehatan saya sarankan pakai masker yah ^.^

Baca Juga : Backpacker ke Bandung Ala Rara 3D2N (Persiapan)

Tibalah di kawah putih dan waktunya narsis-narsis. Btw, disini juga banyak jasa foto kilat langsung jadi dengan harga Rp. 10.000,-/foto . Untuk kita berenam juga menggunakan jasa foto ini, karena kita merasa gak enak minta tolong mas-masnya fotoin kita terus-terusan..hehe.
Narsis at Kawah Putih
Pintu Masuk Kawah Putih
Narsis lagi...^o^
Foto langsung cetak dari jasa foto kilat Rp. 20.000,-
Untuk foto langsung cetak model suffle 8 gaya harga Rp. 20.000,-. Kawah Putih so awesome pokoknya cocok banget untuk foto-foto pra wedding, family ataupun rame-rame dengan temen. Nyesel dewh jika ke bandung tidak berkunjung ke kawah putih :D

2. Kebun Teh

    Tujuan selanjutnya ke kebun teh. Sebenarnya dari kawah putih ke situ patengan disamping kanan dan kiri terhampar kebun teh di sepanjang perjalanan. So tinggal pilih spot yang mau dipilih untuk narsis-narsis ^.^ . Fotografer dadakan kita adalah pak dedi (*sang supir merangkap guide dan sekarang merangkap fotografer juga ..hehe :D) .
Kebun Teh
Ceritanya sedang metik teh :D
3. Situ Patengan

    Situ patengan ini sejenis danau dan ditengah danau situ tsb ada pulau yang disebut Pulau Batu Cinta. Tiket masuk ke Situ Patengan Rp. 15.000,- plus parkir mobil Rp. 5.000,-. Untuk menuju ke pulau batu cinta harus naik perahu dengan tarif PP Rp. 30.000,-/orang. Saya sendiri tidak ke pulau batu cinta karena selain memakan waktu, saya lebih suka menikmati udara sejuk di pinggir danau sambil makan gorengan. Nina, Ayu dan Fitri ke pulau batu cinta sedangkan Erna dan Diyah cuci mata di depan area situ yang dipenuhi dengan pedagang asesoris, souvenir, baju dll. 
Situ Patengan
Depan Situ Patengan
4. Cibaduyut

     Sebenarnya setelah ke situ patengan kita ingin mampir ke rumah strawberry tapi apa daya bandung mulai diguyur hujan dan lalu lintas mulai macetos (*alias macet ruaaar biasa). Akhirnya kita langsung menuju cibaduyut yaitu sentra kerajinan sepatu khas bandung. Perjalanan dari situ patengan ke cibaduyut diwarnai kemacetan dan guyuran hujan, lama perjalanan sekitar 3 jam #wala :o . Hikmahnya dalam perjalanan kita bisa gunakan untuk rehat sejenak alias molor..hehe.
Pak Dedi menurunkan  kita di Grutty yaitu semacam mini mall gitu. Disini banyak pilihan baju, sepatu dan aneka macam asesoris sama halnya seperti di mall. Pertanyaan saya, apakah ini yang dimaksud Cibaduyut ya ??? #tuink-tuink, atau karena mall ini di wilayah cibaduyut ? jadi untuk para wisatawan diturunkan disini. Entahlah..singkat cerita kita cuci mata, dan memang sepatu disini pilihannya banyak serta harga relatif terjangkau :D . So bagi yang suka kalap atau doyan shopping, harus hati-hati yah karena oh karena bisa bisa nanti anda tidak sadar jika isi dompet anda sudah habis dan tak bersisa >.<
Grutty Cibaduyut
5. Dago

    Destinasi terakhir adalah Dago, tetapi sesuai rekomendasi dari pak dedi destinasi dirubah ke Jalan Riau FO karena dago sedang direnovasi. Disini banyak outlet-outlet dan saya mulai mengerti mengapa bandung disebut surga belanja dan kuliner karena disini kita bisa melihat berbagai macam outlet dari terminal mode, summit, dll. Karena teman-teman sudah lelah dan uang juga menipis, jadi disini kita hanya membeli oleh-oleh dan makan malam :)
Pengeluaran Backpacker ke Bandung ala Rara, Hari Kedua :
Tiket Ontang Anting+Kawah Putih PP             : Rp.  28.000,-
Biaya jasa foto di kawah putih                          : Rp.  20.000,-
Makan di area kawah putih                               : Rp.  20.000,-
Tiket masuk+parkir mobil Situ Patengan          : Rp.  20.000,-
Gorengan u/ ngemil                                           : Rp.    5.000,-
Sepatu                                                                : Rp.  55.000,-
Tas tempat kotak makan anti air                        : Rp. 10.000,-
Oleh-oleh                                                           : Rp.  85.000,-
Makan Malam di Jl. Riau                                  : Rp.  25.000,-
         Total Pengeluaran                                     : Rp. 268.000,-

Terima kasih bandung, kota yang selalu gak ada matinya untuk diexplore \(^.^)/ . Sampai jumpa lagi di my trip stories berikutnya ya ^o^

4 comments:
Write komentar
  1. mbk rara sewa mobilnya brp per hari plus sopir nya ? boleh minta no hp nya pak dedi g mbk ... makacih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. duwh maaf say, CP nya Pak Dedi gak disimpen T_T
      saya sewa mobil avanza 16 jam all in (include bensin, parkir, supir, tol, makan supir) Rp. 650rb

      Semoga Bermanfaat :)

      Delete
  2. Mbak rara, klo sewa sepeda motor ada gak ya and dmna? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada say, coba kunjungin www.saverentalmotor.com khusus sewa motor daerah bandung dan sekitarnya :)

      Delete