Akhirnya : Credit Card Pertamaku Datang Juga

Post ini adalah lanjutan dari post sebelumnya mengenai pengajuan credit card, bagi yang belum membaca post sebelumnya , bisa klik disini. Well, akhirnya pengajuan credit card saya di approved dan eeng iiing eeng sekarang Mandiri Credit Card sudah ditangan . Sebenarnya credit card adalah kartu hutang, mengapa disebut kartu hutang? karena sistem dikartu kredit adalah peminjaman dana sementara (*dengan limit tertentu per bulan) dan nantinya akan ditagihkan pada tanggal jatuh tempo. 

Banyak thread yang telah saya baca mengenai susahnya mendapatkan kata "approved" untuk pengajuan kartu kredit . Disini saya akan mencoba untuk share hasil analisis saya secara pribadi sehingga pengajuan kartu kredit bisa diapproved dengan mudah, berikut analisa saya :
1. Pastikan sirkulasi transaksi selama 3 bulan terakhir di rekening anda selalu stabil, lebih bagus jika jumlah total kredit perbulan stabil diangka Rp. 7.000.000,- / lebih .
2. Jumlah saldo di rekening memang penting tapi bukan yang utama. Pengalaman pribadi, saldo di rekening saya hanya sekitar Rp. 1 - 2 juta /bln stabil, dan pengajuan saya diapproved, ada beberapa rekan yang mempunyai saldo lebih dari itu di rekening namun pengajuan kartu kreditnya tidak diapproved. Analisa saya : poin pertama lebih diutamakan daripada jumlah saldo disuatu tabungan.
3. Mempunyai tabungan dari penyedia kartu kredit. Misalkan anda mempunyai tabungan mandiri maka untuk pengajuan kartu kredit mandiri akan lebih mudah diapproved daripada pengajuan kartu kredit bank lain. Poin ini hanya sebagai faktor pendukung saja dan tidak bisa menjadi patokan.
4. Mempunyai track record yang baik di BI. Maksud track record yang baik disini antara lain :
   a) Anda bebas pinjaman, misal anda mempunyai histori kredit motor,mobil ataupun rumah, pastikan ada sudah melunasinya atau anda tidak mempunyai catatan "nunggak" atau "telat bayar" karena hal tersebut akan tercatat di BI (*Bank Indonesia) dan record tsb bisa dilihat oleh semua bank untuk pertimbangan pengajuan kartu kredit.
     b) Tidak pernah dikejar dept collector, jika anda sudah mempunyai kartu kredit, jangan sampai anda berurusan dengan dept collector karena hal tersebut berarti anda sudah mendapatkan record yang buruk dari Bank Indonesia dan nantinya akan mempersulit anda untuk mengajukan kartu kredit kembali.
     c)  Tidak pernah terlibat dalam tindak kejahatan seperti penipuan.
     d)  Mempunyai sirkulasi transaksi rutin dan stabil dengan saldo yang terus bertambah.
5. Jangan terlalu mengharapkan pengajuan kartu kredit anda akan diapproved, jadi jika nanti tidak diapproved anda tidak akan terlalu kecewa... hehe ^.^

Itulah beberapa analisa menurut saya pribadi, jika ada yang mempunyai pengalaman sama bisa di share melalui kotak komentar yang tersedia.
Credit Card Pertamaku ^.^
Berikut urutan proses pengajuan kartu kredit mandiri saya :
Tanggal 10 Maret : Pengajuan CC di Cabang Mandiri terdekat
Tanggal 25 Maret : Ditelp pihak mandiri untuk verifikasi data
Tanggal 10 April  : Kartu kredit mandiri sudah ditangan \(^_^)/
Sebelumnya saya mengajukan dua jenis kartu kredit (baca post sebelumnya), untuk kartu kredit cimb niaga belum ada kabar lagi, tapi ya sudah lah..sudah ada CC mandiri ini...hehe :)

Akhir post sebelum penutup,penulis ingin menyampaikan bahwa mempunyai kartu kredit jangan sampai membuat anda terlilit hutang tetapi seharusnya membuat anda bisa belajar lebih bijak dan cerdas untuk mengatur keuangan anda dan keluarga. Selain itu sesuaikan dengan kemampuan finansial anda, misalkan anda mempunyai gaji Rp. 3.000.000/bulan pastikan anda menggunakan cc perbulan maksimal 20% dari gaji anda, untuk mengantisipasi pengeluaran berlebih yang tidak terduga.

Mari menjadi generasi yang cerdas menggunakan kartu kredit :) , lebih baik lagi tidak perlu menggunakan kartu kredit jika memang tidak terlalu dibutuhkan dalam bertransaksi .

Semoga bermanfaat ya :)

No comments:
Write komentar