H2C Menunggu Credit Card Pertamaku

Sebenarnya saya memang dari dulu ingin sekali mempunyai credit card karena bisa mempermudah transaksi sebagai online shop owner namun selalu saja saya tunda karena berbagai hal. Finally karena saya ada agenda backpackeran ke Singapure bulan May 2014 ini, mau tidak mau saya harus segera apply credit card untuk booking hostel jauh-jauh hari. Saya tidak mau nanti di singapur masih harus muter2 cari hostel  untuk nginep, udah sendirian, masi newbie, ujung-ujungnya #nangisbombay so harus diprepare dengan matang klo perlu sampai gosong sekalian...hehehe #wew.

Well, setelah observasi dan survey sana-sini (sebenarnya cm via google search :P ). Saya putuskan untuk apply mandiri credit card dan cimbniaga credit card. Loh kog apply 2 ? untuk jaga-jaga siapa tahu ada yang direject ...klo direject semua ya wassalam. :P

  •  Apply Mandiri Credit Card
Untuk pengajuan mandiri credit card mudah asal memenuhi persyaratan yaitu minimal gaji/pendapatan sebulan Rp. 3.000.000 .
Pihak mandiri memberi kemudahan dalam pengajuan mandiri credit card yaitu bisa via pos atau datang ke cabang mandiri terdekat .
Berikut yang perlu dipersiapkan untuk pengajuan mandiri credit card :
1.       Fotokopi KTP Pemohon.
2.      Fotokopi Tabungan Mandiri Bagian Depan (Recomended: mempunyai tabungan mandiri).
3.     Mengisi Formulir Pengajuan Mandiri Credit Card, formulir bisa di download disini atau bisa didapatkan dicabang mandiri terdekat.
4.       Slip Gaji atau Surat Keterangan Penghasilan (bagi karyawan)
5.       Surat Keterangan Lama Bekerja,bisa dicantumkan di SKP (bagi karyawan)
6.       Fotokopi Kartu Keluarga.
7.       Rekening Koran / Tabungan 3 Bulan Terakhir.
8.       Fotokopi NPWP (untuk pengajuan kredit diatas 50juta)

Bagi yang datang langsung ke cabang mandiri terdekat, dokumen pendukung dan form aplikasi bisa langsung diserahkan ke Customer Service, sedangkan untuk via pos dikirim ke :
Mailing Room
Mandiri Card Center
Plaza Bapindo Mandiri Tower lantai 10
Jl. Jendral Sudirman Kav. 54 - 55
Jakarta 12190 Telepon. (021) 5266560

Saya sendiri memilih datang langsung ke kantor mandiri terdekat, selain mendapat penjelasan dari customer service secara langsung dan form aplikasi juga dicheck langsung ditempat, jadi jika ada kekurangan bisa direvisi disaat itu juga.

Menurut informasi dari CS,aplikasi pengajuan mandiri credit card biasanya akan diproses selama 14 hari kerja. Saya mengajukan tanggal 10 Maret 2014, dan tanggal 25 Maret 2014 (hari ini) saya mendapatkan telepon dari Pihak Mandiri dan menanyakan data diri saya, nama ibu, alamat dll biasanya proses ini disebut proses verifikasi data.

Untuk kejelasan apakah credit card saya akan diapproved atau tidak belum diberi informasi, saya masih harus menunggu 1-2 minggu ke depan. Semoga saja diapproved..Amien ^_^

  • Apply Cimb Niaga Credit Card
Untuk pengajuan Cimb Niaga credit card ini sebenarnya saya hanya iseng saja, dan saya pikir apa salahnya juga mencoba sebagai cadangan jika pengajuan cc mandiri direject.
Karena saya tidak suka yang ribet-ribet..hehe, Cimb Niaga ini memberikan kemudahan pengajuan credit card yaitu dengan sistem online.
Berikut urutan pengajuan cimbniaga credit card secara online :
  1. Pilih jenis Cimb Niaga credit card yang akan diajukan di menu  apply sekarang 
  2. Isi secara lengkap form aplikasi pengajuan credit card secara online yang tersedia misal untuk pengajuan cimb niaga classic credit card. 
  3. Teliti kembali, pastikan sudah terisi dengan lengkap dan isi kode bagian paling bawah form aplikasi kemudian klik submit. Jangan lupa untuk menyediakan scan KTP untuk diupload dalam form tersebut. Done dan tunggu telepon dari Pihak Cimb Niaga. 
Untuk saya sendiri, saya mengulang hingga 4x untuk mendapatkan notifikasi bahwa pengajuan saya telah berhasil diproses. Ternyata jika ada kesalahan atau masih ada kolom yang belum diisi dengan lengkap seperti no telp dll maka copy KTP juga harus diupload ulang. #hadeuhhh...Jadi pastikan kode benar, semua kolom terisi (hanya informasi yang dibutuhkan) dan file KTP sudah terupload kemudian klik submit.  

Saya mengajukan cimbniaga credit card secara online tanggal 21 Maret 2014 dan tanggal 24 Maret 2014 saya sudah mendapat telepon dari pihak cimb niaga, dan untuk kelengkapan dokumen, saya diminta mengirim copy KTP, NPWP, Slip Gaji/bisa diganti dengan SPT Tahunan ke email pihak cimbniaga.

Untuk kedua credit card tersebut belum ada kejelasan apakah akan diapproved atau tidak. Tapi saya berdoa dan berpositif thinking saja semoga diapproved minimal salah satu dari kedua pengajuan saya tersebut. #matabelo 

Jika sudah ada kejelasan tentang pengajuan credit card , saya akan tulis di next post. Sekarang saya masih dalam H2C atau Harap-Harap Cemas menunggu credit card pertamaku...hehehe , untuk temen-temen yang punya pengalaman serupa bisa share dikolom komentar. Semangat Pagi!


No comments:
Write komentar